telkomsel halo

BLANJA.com bawa MBB Sliyeg ke pasar global

05:47:00 | 09 Jun 2018
BLANJA.com bawa MBB Sliyeg ke pasar global
JAKARTA (IndoTelko) - BLANJA.com membawa Mitra Badan Usaha Milik Desa Bersama (MBB) Sliyeg go global melalui platform marketplace yang dibesutnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Dito Ganinduto, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Bupati Kab. Indramayu Anna Sophana meresmikan Kewirausahaan Pertanian dan Digitalisasi Sistem Pertanian yang dikelola oleh MBB binaan Telkom di Kecamatan Sliyeg itu.

Peresmian itu menandakan dunia pertanian Indonesia memasuki sebuah era baru. Peran petani yang sangat strategis di seluruh belahan bumi termasuk di Indonesia, menjadikan dunia pertanian turut menapaki perkembangan digitalisasi yang berkembang begitu pesat  

MBB Sliyeg adalah salah satu program digitalisasi percontohan dalam mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, Kementerian Desa, Kementerian Pertanian, beserta Pemerintah Daerah (Pemda) dan anak perusahaan BUMN lainnya seperti Telkom Indonesia dan Bank Himbara.

CEO BLANJA.com Aulia E. Marinto mengungkapkan, sebagai eCommerce BUMN, BLANJA.com turut mengambil peran penting untuk mendigitalisasi petani sehingga bisa memasarkan produknya secara online.

Bekerjasama dengan Mitra BUMDes Bersama, MBB Sliyeg sudah memiliki toko online di BLANJA.com yang menjual beragam produk tani seperti Pangan, Bibit, Saprotan, Pupuk, Obat dan juga Hama.

“Semua produk tani tersebut akan dilayani oleh MBB setempat. Dengan dipasarkannya produk petani secara online akan menghindari petani dari disparitas harga sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih. Harapannya, dengan begitu pertumbuhan pendapatan daerah lebih cepat terjadi sebab pemasaran secara eCommerce ini,” kata Aulia dalam keterangan, kemarin.

Sebelumnya, Telkom menyatakan rogram digitalisasi pertanian mengintegrasikan 4 siklus pertanian yaitu Pra Tanam, Tanam, Panen dan Pasca Panen. (Baca: Telkom digitalisasi pertanian)

Dalam praktiknya, MBB akan memfasilitasi para petani untuk menjual berasnya dan mengemasnya ke dalam kemasan yang menarik. Setelahnya produk-produk pertanian itu akan didistribusikan dan dipasarkan melalui pasar online.

Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga menyatakan digitalisasi sistem pertanian merupakan mesin penggerak guna memaksimalkan produktivitas petani.

"Telkom mewujudkan digitalisasi pertanian dalam bentuk platform digital yang terintegrasi bernama Logistik Tani (LOGTAN). Melalui LOGTAN, petani dan BUMN terkait dapat mengakses data tunggal yang lengkap mulai dari masa pra tanam hingga pascapanen. Dan saat pasca panen, hasil panen bisa dijual secara online melalui marketplace BLANJA.com," katanya dalam keterangan (7/6).

BLANJA.com bawa MBB Sliyeg ke pasar global

Presiden Joko Widodo kala meresmikan Mitra Badan Usaha Milik Desa Bersama (MBB) Sliyeg

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala meresmikan menyatakan dengan cara itu para petani akan mendapat keuntungan yang jauh lebih besar. "Karena setelah kita pelajari, keuntungan terbesar dari pertanian itu didapat bukan dari pratanam, atau saat menanam, tetapi yang paling banyak adalah di pascapanennya. Untuk itu keharusan melakukan digitalisasi pertanian yang didukung kemampuan kewirausahaan petani, menjadi faktor utama memenangkan persaingan dan kompetisi utamanya di bidang pangan,” tegas Presiden Jokowi.(ad)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year