telkomsel halo

XL akan uji coba VoLTE

11:20:45 | 30 Jun 2017
XL akan uji coba VoLTE
Petugas tengah memantau trafik komunikasi di NOC milik XL (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) akan menggelar uji coba Voice over LTE (VoLTE) untuk sesama pelanggannya pasca Lebaran 2017.

"Usai lebaran ini kita akan gelar uji coba VoLTE. Secara potensi soalnya besar kebutuhannya," ungkap Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya usai menemani Menkominfo Rudiantara memantau kesiapan jaringan XL menghadapi trafik Lebaran 2017, belum lama ini.

Yessie mengungkapkan, di jaringan XL saat ini panggilan suara tak lagi didominasi melalui circuit switched tetapi packet switched.

"Sudah 60% pelanggan biasa melakukan panggilan dengan aplikasi seperti WhatsApp Call dan lainnya. Kalau kita tawarkan VoLTE kan lebih baik, kualitasnya pasti bagus," tuturnya.

Dari data laporan trafik XL untuk Lebaran 2017 memang terlihat  akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%.

Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) dimana naik 9%. (Baca: Trafik Lebaran XL)

Lintas operator
Pada kesempatan sama, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Imam Nashiruddin menyarankan uji coba VoLTE terbaik dilakukan jika lintas operator. "Setahu saya Smartfren juga sudah uji coba VoLTE. Baiknya XL coba bicara dengan Smartfren, mau gak uji coba lintas pelanggan," sarannya.

Diakuinya, untuk menggelar VoLTE lintas pelanggan harus ada regulasi terlebih dulu untuk interkoneksi berbasis packet switched. "Kan di Fundamental Technical Plan (FTP) versi revisi mulai dibahas juga IP Based. Kalau trial sepertinya gak masalah, tetapi lapor dulu ke regulator biar lebih ada kepastian hukum," katanya. (Baca: VoLTE dari Smartfren)

Dalam catatan, VoLTE merupakan layanan suara yang berbasis LTE. Sebetulnya, layanan ini tak ada bedanya dengan layanan suara via teknologi 2G/3G. ada tiga keuntungan menggunakan VoLTE yaitu persiapan panggilan yang lebih cepat, kualitas suara yang lebih baik dan kemampuan untuk melakukan panggilan video. Selain itu, panggilan melalui nomor asli milik pelanggan. Tantangan mengembangkan VoLTE sekarang lebih kepada ketersediaan perangkat di sisi konsumen dengan harga terjangkau.

Ericsson Mobility Report Q1-17 menyatakan VoLTE secara global telah hadir di 100 jaringan operator di 55 negara. Diperkirakan pada akhir 2022 akan ada 4,6 miliar pengguna VoLTE secara global.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year