telkomsel halo

Satelit Telkom 3S diprediksi meluncur di Valentine Day

10:13:48 | 16 Jan 2017
Satelit Telkom 3S diprediksi meluncur di Valentine Day
Persiapan roket Ariane5 untuk membawa satelit Telkom 3S (Foto:Arianespace)
JAKARTA (IndoTelko) – Hari Kasih Sayang atau Valentine Day yang sering dirayakan muda-mudi mabuk kasmaran setiap 14 Februari di tahun 2017 ini akan spesial nantinya.

Pasalnya, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom, akan meluncurkan satelit Telkom 3S pada 14 Februari 2017.

Dikutip dari laman spaceflightnow terungkap Satelit Telkom 3S sudah memiliki jadwal peluncuran tepat pada Hari Kasih Sayang 2017 dari Kourou, French Guiana.

Satelit ini akan diluncurkan oleh Arianespace dengan menggunakan roket  Ariane 5 ECA. Roket ini juga akan meluncurkan satelit Sky Brasil 1 milik provider DirecTV Latin America. Arianespace adalah perusahaan yang sama meluncurkan satelit BRISat pada Ramadan 2016 lalu.

Dari situs milik Arianespace memang dipasang sebuah gambar pemasangan roket Ariane 5 yang akan digunakan untuk meluncurkan satelit Telkom 3S dan Sky Brasil 1.
Sebelumnya, Telkom memang tengah menunggu jadwal peluncuran dari Arianespace untuk satelit Telkom 3S pada kuartal pertama 2017 ini.

Seperti diketahui, pada 2014 Telkom menunjuk Thales Alenia space untuk membangun perangkat telekomunikasi bagi satelit Telkom 3S. Perusahaan asal Perancis itu nantinya akan mengerjakan pembuatan transponder dan ground segment untuk satelit Telkom 3S. Sementara untuk peluncuran akan dilakukan Arianespace. Perusahaan yang meluncurkan satelit BRISAT ini akan memanfaatkan roket Ariane 5 untuk satelit Telkom 3S. Lokasi peluncuran rencananya di  Guiana Space Center, Kourou, French Guiana. (Baca: Satelit BRISat)

Telkom-3S kabarnya memiliki 24 C-band transponder, 8 extended C-band transponder, dan 10 Ku-band transponder. Transponder C-band akan menjangkau wilayah Indonesia dan Asia Tenggara, extended C-band akan menajngkau Indonesia dan Malaysia, serta  Ku-band akan melayani wilayah Indonesia.

Investasi dari satelit Telkom 3S membutuhkan dana sekitar US$ 200 juta- US$ 250 juta (Baca: Satelit Telkom 3S)

Satelit Telkom 3S akan menggantikan satelit Telkom-3 yang gagal mencapai orbit pada Agustus 2012. Kala itu  satelit Telkom-3 diluncurkan oleh ISS-Reshetnev dengan perangkat komunikasi dibuat oleh Thales Aleniaspace. Investasi yang digelontorkan kala itu sekitar US$ 185 juta.

Satelit Telkom 3S nantinya akan menempati slot orbit di di 118° BT.  Satelit ini dirancang untuk memenuhi meningkatnya permintaan peralatan transmisi dalam pengembangan layanan bisnis satelit Indonesia.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year