telkomsel halo

EMTEK akan persenjatai BBM dengan eMoney

16:35:05 | 13 Jan 2017
EMTEK akan persenjatai BBM dengan eMoney
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) terus memoles layanan BlackBerry Messenger (BBM) sebagai smart portal yang bisa memenuhi gaya hidup digital penggunanya.

"Kita akan kembangkan BBM dengan berbagai solusi sehingga bisa menunjang gaya hidup digital penggunanya. Kita ingin bangkitkan lagi penggunaan BBM, salah satunya dengan membekali solusi pembayaran elektronik," ungkap CEO Kreatif Media Karya (KMK) Online Adi Sariaatmadja usai menghadiri HUT ke-7 Bukalapak, belum lama ini.

Menurutnya, membekali BBM dengan solusi payment akan menjadi inti dari revitalisasi layanan ini di tangan EMTEK. "Payment akan menjadi core atau roh dari BBM nantinya. Kita ingin melalui BBM orang bisa bayar listrik, isi pulsa, belanja, bahkan kirim uang atau P2P transfer. Untuk isi ulang cukup ke Alfamart atau Indomaret," ungkapnya.

Ditegaskannya, solusi payment yang dipersiapkan EMTEK berbeda dengan generasi BBM Money yang ada sebelumnya. "Ini berbeda sama sekali, kita akan kerjasama dengan semua bank. Ini akan netral, tak ada hanya satu bank. Merek dagangnya pun nanti akan beda. Tunggu saja tanggal mainnya. Kita ada platform dan tengah urus izin eMoney, sabar saja," tutupnya. (Baca: EMTEK dan BlackBerry)

Asal tahu saja, platform BBM money dulunya diusung BlackBerry, Bank Permata, dan Monitise. Aksi layanan ini sebenarnya kurang kinclong, bahkan Astra Graphia melepas investasinya di perusahaan patungan dengan Monitise yang ikut mengembangkan layanan ini. (Baca: BBM Money)

Di tangan EMTEK, BBM meluncurkan layanan top-up pulsa tanpa dikenakan biaya tambahan dan beberapa fitur layanan pembayaran melalui BBM Checkout, di samping menjalin kemitraan dengan NEOWIZ GAMES Corp. untuk menyediakan BBM Game Center terbaru, dan BBM Shopping. Terakhir dirilis fitur bernama BBM Polls yang memungkinkan penonton berinteraksi langsung dengan tayangan TV melalui polling atau voting.

EMTEK bisa mengelola BBM karena pada tanggal 27 Juni 2016 Creative Media Works Pte. Ltd. (CMW) dan BlackBerry Limited (BlackBerry) menandatangani Perjanjian Lisensi Konsumen BlackBerry Messenger (BBM).

Untuk memperoleh Lisensi tersebut, CMW akan membayar biaya sebesar US$ 207.500.000, neto, ke Blackberry dengan nilai bruto termasuk pajak sebesar US$ 228.333.333. (Baca: Bisnis digital EMTEK)

Pada tanggal 27 Juni 2016, CMW telah membayar US$ 30.000.000 ke BlackBerry. Jumlah yang masih harus dibayar ke Blackberry sebesar US$ 177.500.000, akan dibayarkan selama enam tahun kedepan Terdapat juga biaya variabel per pengguna dibayarkan selama Perjanjian terkait dengan batas tertentu jumlah pengguna.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year