Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

BRISat masuki fase tes orbit

12:17:34 | 23 Jul 2016
BRISat masuki fase tes orbit
Satelit BRIsat (Dok: Arianespace)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengungkapkan satelit BRISat yang diluncurkan beberapa waktu lalu telah masuk dalam fase tes orbit.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam memprediksi  tes orbit akan selesai antara akhir Juli dan pertengahan Agustus 2016. "Tes orbit harusnya pertengahan Agustus sudah selesai, tapi diusahakan selesai akhir bulan ini. Kelanjutan kalau bisa diusahakan lebih cepat dari jadwal, antara 29 dan 30 Juli," katanya kemarin.

Setelah nanti selesai menjalani tes orbit, BRISat akan segera diserahkan (hand over) oleh perusahaan penyedia satelit komersial Space Systems Loral (SSL) kepada BRI untuk dioperasikan sesuai kebutuhan pengembangan perbankan digital.

"Kalau sudah sempurna (tes orbit) bisa ddiberikan akses sepenuhnya untuk mengendalikan satelit. Tentu dengan pendampingan, tapi kendali sudah di Jakarta," kata Asmawi.

Dijelaskannya, posisi BRISat telah sampai di orbit sejak 10 hari sejak peluncuran pertengahan Juni 2016. Tes orbit dilakukan untuk mendeteksi hal-hal apa terkait pengoperasian satelit yang sudah berfungsi.

Telkom Marketing 2
Pelaksanaan tes orbit tersebut dilakukan paralel antara markas SSL di Amerika Serikat dan stasiun di Indonesia.

BRIsat meluncur ke orbit pada Minggu pagi (19/6) pukul 04.39 WIB, atau Sabtu (18/6) pukul 17.30 waktu Kourou, Guyana Prancis, Amerika Selatan. BRIsat dibawa oleh roket peluncur Ariane 5 dari Bandar Antariksa Guyana di Kourou. Satelit ini akan menempati slot orbit 150,5 derajat Lintang Timur. (Baca juga: Satelit BRISat)

Angkasa Pura 2
BRI menjadi satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma