telkomsel halo

Brexit berdampak ke harga produk TIK

09:57:47 | 18 Jul 2016
Brexit berdampak ke harga produk TIK
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Keputusan Inggris untuk keluar Inggris dari Uni Eropa (Britain Exit/Brexit) ternyata berdampak ke penjualan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

GSM Arena mengabarkan merosotnya nilai tukar mata uang poundsterling setelah adanya Brexit  membuat harga produk, terutama produk impor di negara itu menjadi lebih mahal.

Hewlett-Packard (HP) menaikkan harga produknya. Hal yang sama dilakukan OnePlus telah menaikkan harga perangkat besutannya mulai 20 hingga 329 poundsterling.

"Seperti yang Anda akan sadari, kita melihat melemahnya mata uang poundsterling yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap nilai tukar dolar AS selama beberapa pekan terakhir," tulis HP dalam email yang ditujukan kepada partnernya.

HP menyatakan dalam rangka mempertahankan pendekatan yang berkelanjutan dan konsisten untuk operasi di Inggris dan Irlandia, perseroan telah mengambil keputusan untuk membuat beberapa penyesuaian strategi harga untuk channel distribusi.

Dalam email tersebut, HP juga mengatakan bahwa mulai 1 Agustus, perusahaan tersebut menerapkan penyesuaian sekitar 10% di seluruh portofolio HP Personal System.

Hal ini berlaku untuk semua produk komersial/ bisnis HP di kategori HP Personal System (PC/ laptop, value technology dan solusi mobilitas). "Seperti biasa, Anda dapat dengan bebas menentukan harga jual kembali ke pelanggan Anda," ujar HP.

Banyak perusahaan lain yang cenderung mengikuti langkah HP tersebut. Brexit telah menyebabkan mata uang poundsterling turun di titik terendahnya dalam 30 tahun terakhir.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year