telkomsel halo

Buntut Pencabutan Konten di IndiHome, KPPU Bisa Tegur MNC

21:44:40 | 08 Apr 2016
Buntut Pencabutan Konten di IndiHome, KPPU Bisa Tegur MNC
Petugas Telkom melayani pelanggan (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengakui konten milik MNC Grup akan meninggalkan layanan UseeTV di IndiHome.

"Benar kabar yang Anda dengar. Kami juga sudah umumkan ke pelanggan UseeTV. 11 April mendatang tak ada lagi konten milik MNC seperti siaran RCTI, MNCTV, dan Global TV di UseeTV," ungkap Direktur Consumer Telkom Dian Rachmawan kepada IndoTelko melalui sambungan telepon, Jumat (8/4).

Diungkapkannya, pemicu dari dicabutnya konten milik MNC grup karena tak ditemukan kata sepakat dalam upaya negosiasi bisnis yang dilakukan kedua belah pihak. (Baca juga: MNC Tinggalkan IndiHome)

Tak Galau
Pria yang dikenal sebagai Panglima dari produk IndiHome ini mengaku tak galau dengan keluarnya konten milik MNC dari UseeTV.

"Tak ada masalah. Kami ganti dengan puluhan konten lebih menarik. Sebentar lagi iFlix masuk UseeTV" katanya.

Namun, Dian menyayangkan cara-cara MNC bereaksi kala negosiasi berujung buntu dengan memanfaatkan jaringan media massa yang dikelolanya menyudutkan IndiHome.

"Saya punya kliping berita sejak tanggal 6 April lalu media yang mereka kelola pemberitaanya miring terhadap kami. Kalau begini, kita juga akan kaji kerjasama bisnis lainnya dengan mereka secara grup, termasuk menertibkan kabel-kabel milik MNC Play yang ketahuan numpang tanpa izin di tiang milik Telkom” tegasnya

Dian menghimbau kepada MNC Grup untuk tidak meneruskan praktek persaingan tidak sehat dengan cara memberitakan hal hal yg buruk, tentang kompetitornya, dalam hal ini IndiHome.

"Ini kalau diluar negeri sudah ditegor wasit persaingan usaha. Masa Anda  punya media terus seenaknya menyerang kompetitor. Jangan begitu dong caranya berbisnis. Kami lihat mereka menyerang dengan pemberitaan yang sudah basi, baik di jaringan TV  maupun di sindikasi media online miliknya. Saya yakin KPPU pun bisa menegor mereka tanpa kami harus melayangkan surat pengaduan, karena itu jelas jelas praktek persaingan tidak sehat,” tutup Dian.

Sekadar diketahui,  MNC Group mulai ikut bersaing di layanan Fixed Broadband dengan MNC Play. Kabarnya, kehadiran layanan IndiHome yang menawarkan Triple Play (Telepon, TV, dan Internet) lumayan menggerus pangsa pasar TV berbayar milik MNC Group, Indovision. (Baca juga: Triple Play di Indonesia)

Persaingan di ranah Triple Play memang lumayan ketat di Tanah Air. Dalam catatan, konten milik MNC Grup juga tak tersedia di First Media yang menawarkan layanan TV berbayar berbasis kabel dan internet.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year