Telkom antisipasi Perubahan Kepemilikan di MelOn

11:21:27 | 15 Jan 2016
Telkom antisipasi Perubahan Kepemilikan di MelOn
Indra Utoyo (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengantisipasi rencana perubahan kepemilikan dari platform musik streaming MelOn di Korea Selatan.

“Saya dengar KakaoTalk akan akuisisi Loen Entertainment. Kita antisipasi jika itu terjadi,” ungkap Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo kepada IndoTelko, kemarin.

Seperti diketahui, MelOn di Indonesia memiliki sayap bisnis bersama Telkom dengan membentuk MelOn. Di Korea Selatan, KakaoTalk sudah mengumumkan niatnya mengakuisisi MelOn dengan nilai sekitar  US$1.5 miliar.   

KakaoTalk ingin memanfaatkan MelOn sebagai salah satu alat untuk ekspansi layanan aplikasi perpesanan miliknya.

Di Indonesia, MelOn dibentuk Telkom bersama SK Telecom pada Desember 2010 dimana Telkom memiliki 51% saham dengan investasi sebesar Rp 100 miliar kala itu. Perusahaan ini awalnya memberikan layanan Digital Content Exchange Hub (DCEH).

SK Telecom memiliki sekitar 60% saham Loen Entertainment  dimana ditugaskan pada operasi distribusi musik layanan online milik SK Telecom sejak tahun 2009. (Baca juga: Kinerja MelOn di Indonesia)

“Kalau kami lihat dengan melepas MelOn berarti ada perubahan strategi dari SK Planet atas portfolio music digital. Kemungkinan ini akan berlaku global. Kita siap ambil sisa saham mereka di MelOn Indonesia kalau harganya cocok. Sekarang layanan MelOn di Indonesia tetap berjalan normal,” pungkasnya.(dn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories