telkomsel halo

Krungsri tuntaskan akuisisi Home Credit di Indonesia

08:08:00 | 04 Okt 2023
Krungsri tuntaskan akuisisi Home Credit di Indonesia
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Krungsri (Bank of Ayudhya PCL) mengumumkan penyelesaian akuisisi mayoritas saham sebesar 75% PT. Home Credit Indonesia (Home Credit di Indonesia), pemain terkemuka dalam bisnis pembiayaan konsumen dengan jaringan nasional, dimana PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance), anak perusahaan Bank Danamon, anggota MUFG, secara bersamaan menyelesaikan akuisisi saham sekitar 9.83%.

Pencapaian signifikan ini mendorong Krungsri ke posisi terkemuka sebagai bank regional, dengan kini beroperasi di lima negara ASEAN, sesuai dengan arah strategisnya untuk memperluas kehadirannya dan memperkuat operasinya guna menghubungkan kebutuhan pelanggan di seluruh ASEAN.

Menurut Presiden dan Chief Executive Officer Krungsri, Bapak Kenichi Yamato, Krungsri terus memperluas jangkauan nya untuk menghubungkan kebutuhan pelanggan di seluruh wilayah ASEAN. "Dengan suksesnya akuisisi Home Credit di Indonesia, kini kami memiliki kehadiran yang kuat di lima negara ASEAN, termasuk Lao PDR, Kamboja, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan kantor perwakilan di Myanmar. Oleh karena itu, pencapaian strategis ini semakin meningkatkan posisi kami sebagai bank regional di pasar ASEAN," katanya.

Yamato menambahkan, Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang solid dengan perkiraan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 5.0% dalam lima tahun mendatang dan semakin cerah berkat prospek pengeluaran konsumen yang kuat. Dengan kesuksesan operasional selama satu dekade di pasar, Home Credit Indonesia menonjol sebagai pemain utama dalam pembiayaan konsumen Indonesia dengan lebih dari 17 juta pengguna aplikasi yang terdaftar dan telah melayani lebih dari 6 juta pelanggan sejak diluncurkan.

"Ke depannya, Krungsri berkomitmen untuk menjalin kolaborasi erat dengan Home Credit dengan memanfaatkan keahlian kami bidang pembiayaan konsumen dan manajemen risiko untuk memperluas mitra bisnis baru, menumbuhkan basis pelanggan, dan menghadirkan produk dan layanan inovatif yang memenuhi kebutuhan pasar Indonesia yang terus berkembang," tambahnya.

Sementara, Direktur Utama Adira Finance, Dewa Made Susila mengungkapkan, pihaknya antusias dengan suksesnya proses akuisisi Home Credit Indonesia. Bagi Adira Finance, ini adalah langkah kolaborasi strategis untuk dapat menjangkau pasar lebih luas dan juga untuk memperkuat posisinya di pasar Indonesia. "Hal ini merupakan bentuk nyata sinergi Adira Finance dengan entitas Grup MUFG untuk dapat memberikan layanan yang lebih optimal kepada pelanggan dan mitra bisnis kami," katanya.

Sedangkan, Chief Executive Officer Home Credit Indonesia, Animesh Narang menambahkan, transaksi ini merupakan suatu bukti keberhasilan Home Credit yang luar biasa dan rekam jejak yang kuat selama di Indonesia. Sejak memulai kegiatan usahanya di Indonesia pada 2013, Home Credit secara konsisten menghadirkan beragam layanan keuangan yang terjangkau, melayani kebutuhan dan meningkatkan kualitas kehidupan lebih dari enam juta orang di seluruh negeri.

"Komitmen kami untuk membina hubungan antara peritel, penyedia layanan yang penting, dan pelanggan telah menciptakan suatu ekosistem yang dicirikan dengan akses terhadap layanan keuangan yang bertanggung jawab, andal, dan terjangkau," jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year