telkomsel halo

Accenture akan akuisisi platform dan bisnis pemasaran milik Jixie

08:12:00 | 22 Dec 2023
Accenture akan akuisisi platform dan bisnis pemasaran milik Jixie
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Accenture (NYSE: ACN) telah menyepakati untuk mengambil langkah dalam mengakuisisi bisnis perusahaan teknologi media dan pemasaran, Jixie. Platform dan tim pemasaran digital yang cerdas dari Jixie akan diintegrasikan ke dalam Accenture untuk memperkuat kemampuan dan sumber daya transformasi pemasarannya melalui Accenture Song, yang merupakan creative group yang didukung oleh teknologi, yang membantu klien-klien di Indonesia dalam memberikan pengalaman yang lebih personal untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan (customer engagement) demi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Berkantor pusat di Singapura dengan fokus melayani klien di Indonesia, Jixie menawarkan berbagai perangkat monetisasi dan pertumbuhan pemasaran yang komprehensif. Platformnya merupakan sebuah ekosistem periklanan yang sangat mumpuni yang menghubungkan antara publisher dan brand owner dengan kemampuan untuk menciptakan solusi bersama menggunakan insight dari para pelanggan yang dapat diandalkan. Hal ini mengubah proses pemasaran dari yang tadinya sangat terfragmentasi dengan kontrol yang terbatas menjadi suatu prioritas yang strategis, yang memberikan kemudahan namun tetap menjaga keamanan brand, serta privasi dan data konsumen.

Integrasi platform Jixie ke dalam kapabilitas pemasaran Accenture Song akan membantu klien mengoptimalkan data pelanggan secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan berbagai informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan, meraih kembali kendali, kecepatan, dan kepercayaan yang dibutuhkan untuk memanfaatkan ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat, yang diproyeksikan akan mencapai 146 miliar dolar AS pada tahun 2025, dan akan meningkat hingga delapan kali lipat pada tahun 2030.

Menurut Country Managing Director Accenture Indonesia, Jayant Bhargava, konvergensi antara pemasaran, data science, dan teknologi menciptakan peluang bagi bisnis untuk mendefinisikan ulang model engagement dengan pelanggan. "Solusi pemasaran digital yang cerdas dari Jixie akan melengkapi keahlian kami di bidang teknologi, sehingga memberikan proposisi yang unggul bagi para pelaku bisnis untuk menghadirkan tingkat personalisasi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam upaya pemasaran mereka. Akuisisi ini akan memungkinkan kami untuk melayani klien kami dengan lebih baik dalam menavigasi tantangan pemasaran yang kompleks di era dunia digital yang saling terhubung ini, yang tentunya sangat penting dalam mendorong pertumbuhan jangka panjang," katanya.

Melalui platform dari Jixie, para publisher dapat mengakses berbagai perangkat monetisasi, seperti solusi penawaran tajuk (header-bidding) dan performance marketing, untuk meningkatkan pendapatan dari iklan. Para brand owner juga dapat dengan mudah meningkatkan dan mengintegrasikan konten dengan aman tanpa perantara, sehingga mereka dapat memanfaatkan berbagai informasi yang berharga untuk menciptakan brand engagement yang unik dan bermakna. Jixie dapat membantu para publisher menggandakan hasil monetisasi mereka dan mendukung para brand owner dalam meningkatkan rasio klik per tayang dan rasio percakapan secara signifikan yang sekaligus memperkaya data pelanggan.

Sementara, Indonesia Lead untuk Accenture Song, Joseph Tan mengatakan, nilai dari suatu data dalam ekonomi digital yang terus berubah dengan cepat saat ini sangatlah besar, dan ekosistem media digital telah mengalami banyak disrupsi, termasuk hilangnya cookie dari pihak ketiga. "Jixie adalah platform yang memiliki dampak besar dalam memperkuat perspektif dari para publisher dan menyederhanakan pengalaman pemasaran digital mereka. Investasi ini akan memperluas upaya transformasi pemasaran dan perdagangan berbasis data dari Accenture Song di Indonesia, yang memperkuat para klien dengan berbagai solusi yang sangat relevan dan berbasis hasil untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," ujarnya.

Sedangkan, Co-founder dan Managing Director Jixie, Vincent Martin mengungkapkan, Jixie telah terbukti sukses dalam kapabilitas kinerja pemasarannya yang meningkatkan pendapatan para publisher dan membentuk suatu ekosistem yang telah berhasil menarik para pengiklan untuk menjalankan berbagai kampanye yang sukses. "Langkah selanjutnya bagi kami adalah meningkatkan skala. Kami sangat senang dapat bergabung dengan Accenture dan berkontribusi dalam membentuk industri media yang lebih berkelanjutan, membantu perusahaan-perusahaan untuk memanfaatkan data mereka dengan cara yang terpercaya dan menguntungkan dalam melayani para pelanggannya," jelasnya.

Accenture Song di Asia Tenggara telah melakukan investasi yang signifikan untuk membantu klien-kliennya tumbuh dan relevan dengan pelanggan mereka saat ini dan di masa depan. Akuisisi bisnis Jixie merupakan investasi kedua yang dilakukan di Indonesia setelah akuisisi Romp. Akuisisi ini menyusul kesepakatan Accenture Song baru-baru ini untuk mengakuisisi Rabbit"s tale di Thailand. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year