telkomsel halo

Ramadan, Saatnya Aplikasi Lokal Unjuk Taring

03:17:26 | 25 Jun 2015
Ramadan, Saatnya Aplikasi Lokal Unjuk Taring
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan kepada pemilik aplikasi lokal untuk lebih agreisf melakukan pemasaran guna memperbesar ekosistem memanfaatkan momentum bulan Ramadan.

“Saya punya pengalaman kala masih di operator, dimana selama Ramadan itu harus aktif melakukan kegiatan pemasaran. Soalnya, daya beli masyarakat naik dan kebutuhan berkomunikasi itu sudah tinggi. Pemilik aplikasi lokal harus meniru langkah serupa agar basis pelanggannya naik,” saran Pria yang akrab disapa RA itu, kemarin.

Disarankannya, pemain Over The Top (OTT) lokal untuk menggandeng operator dalam melakukan penetrasi pasar. “Banyak kebutuhan yang khas Indonesia, manfaatkan itu. Misal, aplikasi mudik dan lainnya,” katanya.

Ditambahkannya, pemerintah sendiri telah mempercepat aksi uji jaringan operator menjelang Lebaran agar bisa mengantisipasi masalah pada layanan nantinya.

"Kesiapan jaringan ini dimajukan karena ada beberapa pertimbangan. Seperti salah satunya agar operator seluler dapat lebih sigap menyiapkan layanan. Jadi kalau ada apa-apa bisa diperbaiki lebih awal," jelasnya.

Dikatakannya, sasaran dari uji jaringan adalah tempat-tempat yang menjadi titik kumpul seperti  seperti bandar udara (bandara), stasiun, hingga pelabuhan. "Drive test dan stationary test ini diharapkan operator memperhatikan tempat-tempat kerumunan, seperti airport, Stasiun Gambir dan Stasiun Senen, kalau di Jakarta," jelasnya.

Drive test dilakukan sesuai Peraturan Menteri nomor 16 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Jasa Telepon Dasar pada Jaringan Bergerak Seluler.

Pada kesiapan jaringan ini ada empat fokus yang diperhatikan. Pertama, kuat daya pancar dan daya terima handset (coverage). Kedua, tingkat kesuksesan akses jaringan voice dan SMS (success call), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net).

Ketiga, tingkat kontinuitas voice dan SMS (drop call/not delivered), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Keempat, kualitas download dan speed layanan internet (data throughput).(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year