telkomsel halo

Prime Andalkan 69SigmaDC Antisipasi Downtime di Data Center

07:20:40 | 29 Apr 2015
Prime Andalkan 69SigmaDC Antisipasi Downtime di Data Center
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Pradata Integra Media (PRIME) meluncurkan software 6SigmaDC yang dapat  dapat digunakan untuk menguji dan memprediksi pengaruh dari hasil perubahan konfigurasi, jumlah, tata letak, dan kepadatan perangkat infrastruktur bagi kondisi lingkungan data center, khususnya dari aspek tata udara dan kelistrikan.

Prime adalah perusahaan perencanaan, pembangunan, audit, dan manajemen data center.

Managing Director Prime Nikolas Budi Pradoto menjelaskan dengan produk terbarunya ini bisa  memodelkan kondisi riil data center serta perencanaan perubahannya ke dalam suatu fasilitas virtual.

“Model ini kemudian diuji dan disimulasikan terlebih dulu sebelum perubahan diimplementasikan. Sehingga risiko kegagalan sistem atau gangguan terhadap operasional data center dapat dihindari," ujar Nikolas dalam keterangan tertulis.

Di Indonesia, perangkat ini telah dioperasikan di sejumlah instansi pemerintah maupun swasta. Di antaranya di data center BPAD Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Pengoperasian software 6SigmaDC pada sistem yang ada di data center akan menghadirkan sistem manajemen infrastruktur yang cerdas, sebab data center dapat beroperasi secara efisien, andal, dan fleksibel, terutama dalam menjawab tantangan bisnis di masa depan.

Software 6SigmaDC menggunakan basis analisa Computational Fluid Dynamic (CFD), yang merupakan ilmu aritmatika untuk menghitung dan menganalisa aliran udara. Selain itu, kekuatan software ini juga terletak pada kelengkapan katalog produk yang terdaftar (library).

Bagi kalangan end user atau IT operation, 6SigmaDC dapat dijadikan sebagai tools untuk menghindari risiko downtime. Software 6SigmaDC dapat mensimulasikan sekaligus memprediksi akibat yang akan terjadi dari setiap perubahan atau pun penambahan hardware di dalam data center.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year