telkomsel halo

Kebutuhan DRC di Industri Pembiayaan Tinggi

12:08:21 | 15 Mar 2015
Kebutuhan DRC di Industri Pembiayaan Tinggi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kebutuhan terhadap fasilitas Disaster Recovery Center (DRC) untuk industri pembiayaan lumayan tinggi di Indonesia.

“Fasilitas DRC sangat penting sebagai infrastruktur pengganti pada saat data center mengalami gangguan atau tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno, belum lama ini.

Menurutnya, DRC penting karena secara geografis Indonesia termasuk dalam daerah ring of fire atau kawasan rawan gempa. "Ada juga bencana tsunami, banjir, kebakaran dan sebagainya. Kalau terjadi bencana dan multifinance tidak punya DRC, data center terganggu, maka mereka tidak bisa tagih utang, tidak bisa bayar ke bank," jelasnya.

Dikatakannya, saat ini informasi dan historis mengenai piutang para konsumen multifinance umumnya disimpan dalam data center. Data histori tersebut penting karena merupakan modal awal para pelaku menagih utang. Dari data ini jugalah multifinance memperbaiki diri dengan mempelajari pengalaman-pengalaman sebelumnya saat berinteraksi dengan konsumen.

“Kalau data itu rusak,  multifinance tidak dapat memenuhi kewajibannya kepada para pemangku kepentingan yang terdiri dari regulator, kreditor, konsumen, rekan perusahaan, investor, peminjam dana, hingga karyawan perusahaan. Karena itu multifinance harus melakukan prinsip kehati-hatian,” katanya.

Dalam catatan,  ketentuan mengenai sistem informasi dan DRC telah diatur oleh OJK. Dalam POJK 29/pojk.05/2014 pasal 58 berbunyi, perusahaan pembiayaan wajib memiliki sistem informasi dan teknologi terintegrasi jika memiliki lebih dari lima cabang.

Surat edaran (SE) yang merinci peraturan tersebut, yakni di SEOJK 04/POJK.05/2015 mengenai penilaian tingkat risiko perusahaan pembiayaan indikasi penilaian manajemen risiko operasional bagian sistem dan teknologi informasi. Dalam SE ini diatur pula soal ketersediaan prosedur back up dan Disaster Recovery Plan.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year