telkomsel halo

Kinerja Aplikasi

Menyimak Kompetisi WhatsApp dan Line

08:56:30 | 31 Okt 2014
Menyimak Kompetisi WhatsApp dan Line
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) –Kompetisi di bisnis Instant Messaging kian seru. Setidaknya itu terlihat dari kinerja dua pemain yakni WhatsApp dan Line.

Mengutip data dari TechCrunch (30/10), WhatsApp pada tahun 2013 mengalami kerugian  US$ 138 juta dengan  pendapatan senilai US$ 10,2 juta dari langganan berbayar.

Pemciunya, beban operasional mencapai US$ 149 juta dimana alokasi terbesar untuk riset dan pengembangan sekitar US$ 77 juta. "Keuntungan baru dirasakan lima tahun dari sekarang. Kami fokus pada pertumbuhan pengguna. WhatsApp memiliki sekitar 600 juta pengguna aktif setiap bulannya,” kata CEO WhatsApp Jan Koum.

Sementara Line untuk periode kuartal ketiga 2014 mendapatkan pendapatan US$ 192 juta atau naik 104,2% dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu sebesar US$ 94,03 juta.

Line memiliki  170 juta pengguna aktif setiap bulannya, dimana sekitar 87 juta penggunanya  berasal dari  Jepang, Taiwan, dan Thailand.  Di Amerika Serikat, Line memiliki  25 juta pengguna.

Sayangnya, Line tak mengumumkan bottom line dari keuangannya tetapi perseroan berencana  menjalankan lini bisnis baru seperti yaitu Line Pay, Line Taxi, dan layanan pengantar makanan.

Jika dilihat, Line lebih lincah ketimbang WhatsApp dan mampu melakukan monetisasi dengan pola  in-app purchases. Namun kompetisi belum usai bagi keduanya, kita lihat saja siapa yang bertahan hingga garis finis.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year