telkomsel halo

Telkom Kian Optimistis dengan Aplikasi UmeetMe

11:16:19 | 23 Okt 2014
Telkom Kian Optimistis dengan Aplikasi UmeetMe
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengaku kian optimistis dengan aplikasi UmeetMe diterima masyarakat pasca mendukung e-blusukan dari Presiden RI Joko Widodo belum lama ini.

UmeetMe adalah layanan konferensi video terpadu berbasis internet. Saat ini UmeetMe telah digunakan untuk program pembelajaran jarak jauh (long distance learning), komunikasi perusahaan lintas negara, memantau arus mudik saat lebaran, hingga memfasilitasi komunikasi antara tenaga kerja Indonesia (TKI) dengan sanak saudaranya di desa.

Bahkan layanan tersebut telah digunakan oleh pemerintah daerah (pemda) maupun Polri untuk berkomunikasi dengan jajaran dibawahnya hingga bank yang memiliki cabang hingga pelosok daerah atau bahkan di luar negeri.

"Telkom sangat bangga dapat berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan video conference Presiden RI yang baru dilantik, Bapak Joko Widodo sekaligus menunjukkan kesiapan Telkom dalam mendukung program e-Blusukan Presiden dengan UmeetMe,” ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, kemarin.

Untuk video conference yang pertama kali dilakukan oleh Presiden Jokowi usai dilantik tersebut, Telkom menyiapkan layanan VPN IP dengan back up layanan ASTINET baik di Jakarta maupun 8 (delapan) kota tujuan, dimana lokasi-lokasi di 8 kota tersebut yaitu  Meulaboh (Aceh), Jambi, Balikpapan (Kalimantan Timur), Blitar (Jawa Timur), Manado (Sulawesi Utara), Bali (Bali dan Nusa Tenggara), Sentani (Papua) dan Manokwari (Papua Barat).

EGM Divisi Solution Convergence Telkom Achmad Sugiarto mengklaim bahwa layanan UmeetMe dapat menjangkau hingga pelosok desa karena konfigurasinya dirancang agar mudah digunakan.

Dijelaskannya, besaran konsumsi data (bandwith) yang dibutuhkan UmeetMe sifatnya customable atau adaptif. Artinya, aplikasi tersebut tetap dapat berjalan di koneksi data rendah (minimal 50 kbps) dan akan maksimal di bandwith tinggi (resolusi high definition).

UmeetMe dapat langsung berjalan selama ada kamera/webcam, microphone, perangkat seperti PC atau smartphone, serta koneksi internet. Bahkan, aplikasi tersebut juga dapat diakses melalui perangkat smartphone dan tablet bersistem operasi Android maupun iOS.

Menurutnya implementasi layanan video conference seperti UmeetMe dinilai sangat cocok untuk menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, karena sesuai dengan karakter Indonesia yang memiliki penduduk besar, kondisi geografis kepulauan, serta akses internet tidak merata.

Bahkan layanan UmeetMe pun menyentuh bidang pertahanan dan keamanan dengan mengimplementasikan IP Camera (kamera jaringan) di wilayah perbatasan, pulau-pulau terluar, dan terpencil Indonesia.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year