telkomsel halo

Pemerintah Bidik Keberadaan Serat Optik di Kabupaten

14:30:40 | 01 Jul 2014
Pemerintah Bidik Keberadaan Serat Optik di Kabupaten
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah membidik setiap kabupaten di tanah air untuk konektifitas didkukung oleh serat optik agar masyarakat digital bisa terwujud.

“Pemerintah tengah mengupayakan Perpres untuk Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019 segera terbit dalam waktu dekat. Ini akan menjadi pintu masuk pembangunan infrasturktur broadband nasional lima thun ke depan,” kata Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy S Priatna, kemarin.

Diungkapkannya, salah satu yang tengah dibidik dengan adanya aturan itu adalah minimal seluruh kabupaten kota sudah terhubung dengan serat optik.

“Kita juga bersiap untuk  berencana membangun pipa bersama untuk menampung kabel optik di seluruh Indonesia hingga 2019. Pada tahap awal pembenahan ini akan dilakukan di Jawa Barat. Diperkirakan tahap awal pembangunan pipa bersama ini akan menghabiskan Rp80,7 miliar,” paparnya.

Dikatakannya, dalam perpres ini  terdapat beberapa target yang dicanangkan yakni Proyek Ring Palapa dengan pembangunan serat optik ke 479 kabupaten/kota, pembangunan Pipa Bersama untuk serat optik, dan proyek percontohan pipa lebar teresterial pedesaan, jaringan dan pusat data pemerintah.

Berikutnya, reformasi kewajiban universal yang semula hanya diperuntukkan untuk infrastruktur jaringan, kedepan akan diarahkan untuk pembangunan masyarakat pengguna serta pengembangan sumber daya manusia.

Sebelumnya, Direktur Enterprises and Business Services Telkom M Awaluddin mengakui pasar konektifitas untuk daerah lumayan menjanjikan terlihat dari permintaan bandwidth yang tinggi.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year