telkomsel halo

Icon Plus bangun kabel optik di IKN

05:57:03 | 25 Mar 2024
Icon Plus bangun kabel optik di IKN
JAKARTA (IndoTelko) - PLN Icon Plus dipercaya untuk mempersiapkan sistem digitalisasi kelistrikan PLN dan kebutuhan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN).

Sejalan dengan izin yang diberikan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pada Desember 2023 lalu, PLN Icon Plus menjadi salah satu dari hanya dua provider yang diberikan hak penggelaran kabel fiber optic (FO) sebagai bentuk persiapan penyelenggaraan infrastruktur jaringan di IKN.

Saat ini, proses penggelaran kabel FO PLN Icon Plus masih dalam tahap rencana pembangunan. Nantinya, penggelaran FO akan memanfaatkan infrastruktur kelistrikan milik PLN di seluruh lokasi IKN sehingga penggelaran FO dapat berjalan lebih cepat.

Lokasi Gas Insulated Substation 4 (GIS4) akan menjadi lokasi yang akan berfungsi sebagai central atau hub telekomunikasi milik PLN Icon Plus. Selain lokasi GIS4, Direksi PLN Icon Plus juga meninjau sarana pendukung tray kabel di MUT (Multi Utility Tunnel). Nantinya, MUT akan digunakan untuk jalur FO di wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Penggelaran FO adalah langkah awal PLN Icon Plus untuk menciptakan ekosistem Smart and Green Solutions serta digitalisasi kelistrikan PLN. Inisiasi Smart and Green Solutions dari PLN Icon Plus adalah solusi yang tepat dan strategis sejalan dengan tujuan IKN yg dibangun menerapkan green ecosystem," ujar Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi.

Melalui Sinergi dengan PLN, PLN Icon Plus menyediakan layanan beyond kWh di IKN dan memberikan solusi strategis dan berkelanjutan dalam menciptakan ecosytem Smart and Green (Internet, PV Rooftop, EV Ecosystem, IoT, Smart Home) sebagai layanan pendukung kelistrikan (beyond kWh), layanan yang ramah lingkungan sejalan dengan pembangunan berkelanjutan IKN.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year