Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Tender Seluler Myanmar

Wow, 91 Proposal Masuk ke Panitia Tender Seluler Myanmar

21:21:55 | 20 Feb 2013
Wow, 91 Proposal Masuk ke Panitia Tender Seluler Myanmar
Ilustrasi (DOK)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Komite tender evaluasi dan seleksi lisensi seluler Myanmar mengumumkan ada 91 proposal yang masuk ke panitia guna membidik dua ijin penyelenggaraan wireless di negeri itu.

“Tahapan memasukkan Expression of Interest (EOI) telah selesai. Lumayan mengejutkan dimana ada 91 proposal yang masuk menyatakan minat terhadap dua lisensi yang kami tawarkan,” ungkap Telecommunications Operator Tender Evaluation and Selection Committee  Myanmar dalam situs resminya.

Dijelaskan dalam situs tersebut, tahapan dari tender terdiri atas tiga.

Pertama, komite tender mengundang semua pihak yang tertarik untuk mengikuti tender. Periode ini dibuka  hingga 25 Januari tetapi diperpanjang ke 8 Februari 2013.

Pada tahap ini ada 91 proposal yang masuk berasal dari perusahaan seperti  Asia, Amerika Latin dan Amerika Utara, Timur Tengah, Eropa, Oceania dan Afrika). Selain itu juga ada perusahaan yang berasal dari Myanmar.

Tahap kedua dari tender adalah prakualifikasi dimana dokumen yang masuk diverifikasi sehingga bisa dianggap  layak untuk masuk ke tahap ketiga. “Kita akan periksa kelengkapan dokumen. Apakah ada yang maju sebagai operator atau konsorsium,” tulis pernyataan tersebut.

Tujuan verifikasi  ini juga untuk memastikan kekuatan peserta seperti fundamental keuangan, keterampilan dan pengalaman berusaha di telekomunikasi,  dan kemampuan untuk mengelola jaringan di negeri seperti Myanmar. Hasil  dari tahap  kedua ini akan diumumkan sekitar 27 Februari nanti.

Sedangkan tahap ketiga adalah proses seleksi  dengan menggunakan metode komparasi. Nantinya, metode ini akan dipaparkan ke peserta yang lolos tahap kedua.
 
Sebelumnya,  Kementrian Komunikasi dan Informatika Myanmar dalam pengumumannya menyatakan, pihaknya akan memberikan dua lisensi seluler nasional kepada pemenang tender mulai pertengahan 2013 nanti.

Pemilik lisensi diberikan masa beroperasi selama 20 tahun dan bisa diperpanjang. Proposal untuk mengikuti tender sendiri dibuka sejak  25 Januari  2013.
 
Pemerintah   Myanmar mengungkapkan saat ini penetrasi seluler di negaranya mencapai 9% dan memiliki target menjangkau sekitar 80% dari total populasi pada 2016. Aksi membuka peluang usaha bagi pemain baru ini adalah salah satu upaya mencapai target tersebut.

Saat ini di Myanmar terdapat dua pemain lokal yakni  Myanmar Post and Telecommunications (MPT) berbasis  2G dan 3G yang dimiliki negara dan  Yatanarpon Teleport yang berposisi sebagai  Internet service provider (ISP). Nilai pasar seluler di  Myanmar diperkirakan US$23 miliar atau setara Rp 223.3 triliun.

Para pemain besar yang ikut dalam tender ini diantaranya Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) yang mengajak mitra lokal di Myanmar. Axiata,  ST Telemedia, Telenor ASA, dan Telkom.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
Editorial
Jarimu harimaumu