telkomsel halo

SAP dituding lakukan suap di Indonesia dan Afsel

15:06:47 | 12 Jan 2024
SAP dituding lakukan suap di Indonesia dan Afsel
JAKARTA (IndoTelko) - SAP dinyatakan bersalah dalam kasus melakukan suap di Indonesia dan Afrika Selatan (Afsel) oleh Departemen Kehakiman AS dan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) terkait pelanggaran Undang-Undang Praktik Korupsi Asing (FCPA).

Perusahaan perangkat lunak global ini akan membayar denda pidana sebesar US$118,8 juta dan penarikan administratif sebesar US$103.396.765, serta melanjutkan kerja sama dengan departemen dalam penyelidikan kriminal yang berlangsung.

Dalam rilis yang dikeluarkan SEC, menurut dokumen pengadilan, SAP menjalani perjanjian penangguhan penuntutan (DPA) selama tiga tahun dengan departemen terkait informasi pidana yang diajukan di Distrik Timur Virginia yang menuduh perusahaan dengan dua dakwaan: konspirasi untuk melanggar ketentuan anti-suap dan pencatatan buku FCPA yang berkaitan dengan skema pembayaran suap kepada pejabat Afrika Selatan, dan konspirasi untuk melanggar ketentuan anti-suap FCPA untuk skema pembayaran suap kepada pejabat Indonesia.

"Perusahaan membayar suap kepada pejabat di perusahaan milik negara di Afrika Selatan dan Indonesia untuk mendapatkan bisnis pemerintah yang berharga," kata Asisten Jaksa Agung Divisi Pidana Departemen Kehakiman AS Nicole M. Argentieri.

Dalam periode sekitar 2013 hingga 2017, SAP dan rekan-rekannya terlibat dalam skema memberikan suap dan menyediakan barang berharga lainnya untuk keuntungan pejabat pemerintah Afrika Selatan dan Indonesia. Ini termasuk pembayaran tunai, sumbangan politik, transfer elektronik, dan barang mewah yang dibeli selama perjalanan belanja.

Skema suap terkait Afrika Selatan melibatkan pejabat dan pembukuan palsu untuk memperoleh keuntungan tidak sah dalam kontrak dengan departemen, lembaga, dan lembaga milik negara Afrika Selatan.

SAP juga terlibat dalam skema suap di Indonesia antara 2015 dan 2018, dengan memberikan suap kepada pejabat Indonesia untuk memperoleh keuntungan bisnis yang tidak sah dalam kontrak dengan departemen, lembaga, dan lembaga milik negara Indonesia.

Beberapa praktik SAP yang dijelaskan oleh SEC tampak seperti diambil dari novel mata-mata. Sebagai contoh, menurut SEC, seorang eksekutif akun di anak perusahaan SAP di Indonesia memberikan suap kepada pejabat di kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia, dan untuk menyerahkan suap tersebut, seorang "konsultan lepas" menyatakan bahwa eksekutif akun tersebut harus membawa "tujuh puluh juta, dalam pecahan lima puluh ribu... Bawalah amplop kosong."

Keseluruhan, penyelesaian ini mencerminkan komitmen pemerintah AS dan pihak berwenang di berbagai negara untuk mengatasi praktik suap dan korupsi lintas batas.

Ini merupakan kali kedua SAP menyelesaikan tuduhan suap dengan regulator AS; pada tahun 2016, perusahaan ini mengorbankan sekitar $3,7 juta ke SEC terkait skema suap di Panama. Penyelesaian ini sudah diantisipasi sejak setidaknya bulan Juni, ketika SAP menyisihkan sekitar $186 juta untuk penyelesaian atau denda yang berkaitan dengan penyelidikan suap.

"SAP sepenuhnya berkoordinasi dengan otoritas, dan penyelesaian ini menutup semua masalah kepatuhan yang sedang diselidiki di Amerika Serikat dan Afrika Selatan. Perilaku masa lalu beberapa mantan rekan kerja dan mitra tidak mencerminkan nilai-nilai SAP atau komitmen kami terhadap perilaku etis,”kata juru bicara SAP dalam sebuah pernyataan.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year