telkomsel halo

UBM gaet WIR Group untuk program studi Desain Interaktif

05:59:00 | 14 Apr 2023
UBM gaet WIR Group untuk program studi Desain Interaktif
JAKARTA (IndoTelko) - PT WIR Asia Tbk (WIR Group) digandeng oleh Universitas Bunda Mulia untuk luncurkan program studi pertama di Indonesia, Desain Interaktif.

Prodi ini dibangun sebagai inisiatif dalam menjawab tantangan global dalam mengembangkan konten yang dikombinasikan dengan science yang dapat berguna untuk interaktivitas masa depan dan juga relevansi kebutuhan industri pada teknologi termutakhir. Sebagai tindak lanjut atas Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak, untuk itu WIR Group memberikan dukungannya kepada Universitas Bunda Mulia dengan berperan sebagai advisor terkait pengembangan kurikulum, kegiatan belajar, dan penyediaan pengajar untuk beberapa mata kuliah tamu.

"Program Studi terbaru ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan Universitas Bunda Mulia untuk selalu mengedepankan perkembangan terkini di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang selaras dengan kebutuhan industri sejalan dengan tagline Universitas Bunda Mulia yakni, "Bridging Education to the Real World". Pengembangan kurikulum prodi ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang interaksi manusia-komputer, pengalaman pengguna, dan prinsip desain yang menjadi aspek penting dari proses pengembangan produk digital. Untuk itu, kami melihat WIR Group sebagai perusahaan yang tepat untuk diajak berkolaborasi melihat kemampuannya dalam membangun solusi teknologi melalui desain interaktif dari ribuan proyek yang telah dibuatnya," kata Direktur Marketing Universitas Bunda Mulia Young Dame.

Lebih lanjut, program studi Desain Interaktif merupakan program studi yang berfokus pada desain dan pengembangan produk digital interaktif seperti situs web, aplikasi, dan media interaktif lainnya. Ini mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk desain interaksi (design interaction), arsitektur informasi (information architecture), dan desain visual (visual design). Prodi ini dibentuk dengan harapan dapat memberikan prospek yang berguna pada berbagai bidang dalam menciptakan produk digital yang efektif dan menarik dalam memenuhi kebutuhan pengguna atau konsumen di era interaktivitas masa depan.

"Kami sangat senang melihat institusi pendidikan sudah mulai gencar untuk mengikuti adaptasi dari evolusi teknologi terbarukan ini. Tujuan utama dari desain interaktif adalah untuk menciptakan produk digital yang ramah pengguna, intuitif, dan menarik. Proses pengembangannya akan melibatkan pemahaman bagaimana pengguna berinteraksi dengan teknologi dengan merancang interaksi antarmuka yang mudah dinavigasi dan digunakan. Pengetahuan ini juga akan memberikan bagaimana designer mempertimbangkan tujuan dan kebutuhan pengguna dalam menciptakan produk digital," kata CEO Metaverse Officer WIR Group Stephen Ng.

Seperti yang diketahui bahwa WIR Group telah berkecimpung dalam bidang desain interaktif melalui teknologi AR sejak 2009. Keahlian WIR Group yang terus berlanjut sampai saat ini memberikan motivasi pada perusahaan untuk terus mengembangkan proyek serta membangun platform yang menggunakan integrasi O2O (online-to-offline). Platform ekosistem virtual ini nantinya memungkinkan pengguna untuk mewujudkan pengalaman interaksi antara dunia nyata dengan dunia digital melalui teknologi AR, VR, dan AI. Untuk itu, WIR Group dilihat menjadi mitra yang tepat bagi universitas dalam membekali ilmu desain interaktif karena program studi tersebut memiliki prospek yang dibutuhkan dari pengembangan platform ini.

Program studi Desain Interaktif akan berada di bawah naungan Fakultas Teknologi dan Desain Universitas Bunda Mulia. Para mahasiswa akan belajar terkait fondasi desain serta berbagai ilmu pengetahuan terkait programming, teknologi, dan juga science yang akan menguatkan potensi mahasiswa untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi di Indonesia melalui transformasi digital. (ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year