telkomsel halo

Potensi AI belum dimanfaatkan sektor ritel

05:55:00 | 25 Apr 2024
Potensi AI belum dimanfaatkan sektor ritel
Foto : Ilustrasi
Jakarta - 23 April, 2024 - RELEX Solutions, penyedia solusi perencanaan rantai pasokan dan ritel terpadu terkemuka, baru-baru ini merilis sebuah studi global RELEX State of Supply Chain 2024: Retail and CPG Dynamicsyang menghadirkan berbagai wawasan penting seputar tantangan, fokus investasi strategis, dan peluang bagi para peritel dan distributor produk kemasan dalam 35 tahun ke depan.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa meskipun 57% peritel dan perusahaan CPG berencana untuk berinvestasi dalam artificial intelligence (AI) prediktif dan generatif dalam kurun waktu 35 tahun ke depan, AI dan machine learning (ML) hanya menempati peringkat ke-lima dalam hal prioritas pengeluaran teknologi secara keseluruhan, setelah (1) peningkatan kemampuan e-commerce, (2) peningkatan manajemen inventaris, (3) peramalan permintaan, dan (4) peningkatan analisis data. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mungkin meremehkan peran AI dalam mengatasi volatilitas permintaan konsumen.

Responden menilai volatilitas permintaan konsumen yang berubah dengan cepat (55%), fenomena dan disrupsi global (50%), dan ketidakakuratan dalam memahami kebutuhan spesifik pelanggan (43%), sebagai ancaman terbesar dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi rantai pasokan hingga tiga tahun mendatang.

Tercatat 94% responden juga menyatakan bahwa mereka telah terdampak oleh konten media sosial yang bersifat mempengaruhi maupun konten yang mendorong orang untuk tidak membeli atau menggunakan sesuatu produk selama 1224 bulan terakhir—yang menandakan bahwa mengantisipasi dan mengamati lonjakan permintaan di seluruh saluran akan menjadi hal yang krusial untuk meraih kesuksesan.

Peritel tengah menata ulang rantai pasokan untuk menyikapi perkembangan ekspektasi konsumen, pergeseran saluran, hambatan/gangguan yang mungkin terjadi, dan kondisi yang tidak menentu.

Berikut beberapa temuan utama dari laporan tersebut :

    Tiga hal teratas yang paling penting bagi para peritel untuk mengelola permintaan konsumen dan tingkat inventaris adalah visibilitas inventaris secara real-time (45%), kepekaan terhadap permintaan konsumen (45%), dan alat pengoptimalan persediaan (43%)

    Sebanyak 59% responden tengah mengembangkan opsi omnichannel pada beberapa lokasi untuk beradaptasi dan mengakomodasi pergeseran preferensi layanan pengiriman barang ke konsumen

    Lebih dari separuh (53%) responden menyatakan rencana mereka untuk memperluas opsi pemasok/sumber pasokan untuk menambah sourcing redundancy guna mendiversifikasi dan memitigasi risiko yang berkaitan dengan hambatan.

Kemampuan perencanaan rantai pasokan terintegrasi sangat penting bagi CPG untuk menyeimbangkan volatilitas dan kolaborasi ritel sekaligus memperluas jangkauan konsumen. Namun, perubahan itu sulit dilakukan dengan adanya kendala sistem lama yang kompleks dan perlunya perubahan di seluruh organisasi yang belum terhubung.

Beberapa temuan-temuan terkait antara lain :

    79% CPG menilai perencanaan harian sangat penting untuk memperkirakan dan menjawab permintaan konsumen secara akurat

    32% berpendapat bahwa perencanaan yang tidak terpadu antar tim, sistem, dan wilayah yang berbeda, serta 27% menyatakan proses dan tahapan perencanaan yang lambat dan tidak sejalan berdampak pada keselarasan perencanaan dan eksekusi end-to-end rantai pasok

    Keragaman persediaan, termasuk kelangkaan bahan dan kendala produksi, berdampak pada 82% kemampuan CPG untuk memenuhi ekspektasi permintaan pelanggan

    Untuk mengatasi faktor ekonomi makro seperti inflasi, CPG berfokus pada penyesuaian strategi persediaan dan produksi melalui pemantauan indikator permintaan (48%), membuat persediaan cadangan atau mempertahankan tingkat persediaan di atas rata-rata (22%), serta melakukan perputaran persediaan sebagai bagian dari strategi persediaan dan produksi

Menurut VP of Strategy & Marketing RELEX Solutions, Laurence Brenig-Jones, industri ritel dan CPG terus menghadapi tantangan global yang kompleks yang membutuhkan solusi yang dapat ditindaklanjuti untuk memprediksi, mengantisipasi, dan mengelola permintaan konsumen secara akurat. Agar dapat bertahan dalam situasi saat ini, perusahaan perlu mengubah pendekatan mereka terhadap manajemen rantai pasokan dari yang semula terpisah-pisah menjadi lebih terintegrasi, menggunakan teknologi baru seperti AI dan ML, serta mengembangkan budaya kolaborasi dan kesigapan.

"Perusahaan yang mampu bertahan dan fleksibel, memahami dan merespons tantangan dan peluang secara real time, serta terus menyesuaikan strategi mereka dalam menghadapi perubahan dapat memaksimalkan keuntungan mereka. Dengan pola pikir, sarana, dan mitra yang tepat, para peritel dan CPG dapat membangun sebuah rantai pasokan berjangka panjang serta membuka tingkat pertumbuhan dan profitabilitas yang lebih tinggi," jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year