telkomsel halo

Solo Technopark mulai beroperasi

09:36:00 | 07 Feb 2023
Solo Technopark mulai beroperasi
Angkasa Pura 2
SURAKARTA (IndoTelko) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meresmikan wajah baru Kawasan Sains dan Teknologi di Solo Technopark yang akan menjadi pusat kolaborasi dengan ekosistem teknologi yang mumpuni di Jawa Tengah.

Pembaruan kawasan ini juga menjadikan Solo Technopark sebagai ikon dan landmark Kota Solo yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya mempersiapkan putra-putri daerah menuju persaingan era teknologi. Revitalisasi Solo Technopark menghadirkan sejumlah fasilitas baru seperti lapangan futsal dan basket untuk berolahraga, boulevard air mancur yang menjadi area komunal terbuka, dan Gedung Sembrani serta Gumarang sebagai pusat inovasi.

"Kota Surakarta memiliki peran strategis dan ini menjadi kota industri kecil menengah, kota jasa dalam 15 tahun terakhir dan tentunya bahwa pertumbuhannya bisa mencapai 5,8%. Solo Technopark ini menjadi salah satu ikon untuk talenta-talenta kreatif. Atas nama Bapak Presiden dan Pemerintah melakukan apresiasi atas revitalisasi Solo Technopark, terutama dengan kerja sama dengan Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas, dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Dan tentunya diharapkan fasilitas ini bisa menciptakan startup-startup baru. Dan kami berharap Solo Technopark bisa memperkuat kolaborasi lintas sektor dan multi-stakeholders, dan ini merupakan solusi inovatif untuk Solo Technopark untuk memenuhi kebutuhan teknologi untuk semua," jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming berharap hadirnya fasilitas terbaru di Solo Technopark ini dapat membawa Kota Solo semakin berdaya saing global melalui inovasi dan teknologi.

"Sebagai salah satu smart city di Indonesia, Solo siap mempersiapkan putra-putri daerah menuju era digital. Kami wujudkan melalui pendirian Solo Technopark pada tahun 2014 yang saat ini telah berkembang menjadi Kawasan Sains dan Teknologi terpadu, serta pusat pengembangan inovasi se-Jawa Tengah. Dihadirkannya berbagai fasilitas terbaru di kawasan ini diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan di era teknologi saat ini guna menstimulasi pemulihan ekonomi daerah, yang juga bisa dimanfaatkan warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi secara maksimal," jelasnya.

Pemimpin BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Yudit Cahyantoro menjelaskan Solo Technopark yang didirikan pada tahun 2009 lalu, kini hadir dengan beberapa fasilitas publik baru yang dapat dimanfaatkan warga lokal seperti lapangan futsal dan lapangan basket, area komunal termasuk boulevard air mancur serta gedung baru sebagai area kolaborasi yakni Gedung Gumarang dan Gedung Sembrani yang akan menjadi tech-hub untuk melahirkan inovasi. "Kami mendukung sekaligus berterima kasih kepada Pemerintah Kota Surakarta yang terus bersama-sama berupaya memajukan Solo Technopark ini dengan menggandeng berbagai mitra mulai dari e-commerce, bank, dan tenant lainnya untuk berkolaborasi secara strategis dalam mengembangangkan kawasan terpadu ini," katanya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga penyerahan fasilitas Gedung Sembrani, Gedung Gumarang, Boulevard Air Mancur, Lapangan Basket, dan Lapangan Futsal dari Ye Gang, Co-Founder and Chief Operating Officer Sea, induk perusahaan Shopee dan Garena. "Kami senang dapat berkontribusi dalam memberikan wadah bagi generasi muda di kota Solo dan sekitarnya untuk bisa bertukar pikiran demi menemukan solusi agar mampu beradaptasi dan bangkit serta berdaya. Disisi lain, kami juga berharap keberadaan fasilitas-fasilitas baru ini mampu berkontribusi untuk menghidupkan Solo Technopark yang inovatif dan berdaya saing internasional. Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci pemulihan ekonomi, dan kami berharap hub baru di Solo ini bisa menjembatani kebutuhan ini," jelasnya.

"Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark kedepannya diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan Sumber Daya Manusia berstandar internasional dan mampu menjadi motor penggerak ekonomi daerah melalui kegiatan-kegiatan inovatif. Dengan hadirnya berbagai fasilitas terbaru, Solo Technopark dapat menjadi ruang terbuka dengan ekosistem mumpuni dan fungsional yang tidak hanya dapat dimanfaatkan bagi warga Solo dan sekitarnya untuk bersosialisasi, tapi juga berinovasi melalui teknologi," jelas Yudit.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year