Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Blokir Steam, DOTA, CS GO sudah dibuka, PayPal masih terancam

12:18:55 | 02 Aug 2022
Blokir Steam, DOTA, CS GO sudah dibuka, PayPal masih terancam
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengklaim telah melakukan normalisasi terhadap beberapa aplikasi yang sempat diblokir beberapa hari lalu. Ini artinya, aplikasi seperti Steam, CS Go, DOTA dan Yahoo bisa diakses kembali.

Diketahui, beberapa hari lalu, sempat ada 7 aplikasi yang terblokir karena pengelolanya tidak melakukan pendaftaran perusahaan ke pemerintah Indonesia melalui Kemenkominfo. Aplikasi-aplikasi tersebut di antaranya adalah Steam, CS GO, DOTA, Yahoo, dan PayPal.

Sayangnya, pembukaan blokir ini tidak termasuk aplikasi pembayaran PayPal. 

Diketahui, akses terhadap Yahoo, CS Go, Dota dan Steam telah dibuka kembali sejak pagi, tepatnya pukul 08.30 WIB, Selasa, 2 Agustus 2022. Menurut Kemenkominfo, pihaknya telah berhasil mengkomunikasikan terkait pendaftaran Penyelenggara sistem Elektronik (PSE) kepada perusahaan yang menaungi aplikasi di atas.

"Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA). Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, dalam keterangan resminya, Selasa, 2 Agustus 2022.

Pria yang akrab disapa Semmy itu juga mengungkap bahwa Kemenkominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Sayangnya, belum ada pergerakan dari PayPal untuk melakukan pendaftaran. Hanya saja, Kemenkominfo telah menerima komitmen PayPal untuk melakukan hal tersebut dalam waktu dekat.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
"Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat," ujar Semmy.

Data yang diungkap Semmy, selain  5453 PSE yang terdaftar dan 6 aplikasi yang diblokir, ada juga 63 PSE yang di suspend karena dianggap datanya tidak sesuai. 

Bakti
PayPal akan dibuka sementara sampai Jumat, 5 Agustus 2022, agar pengguna PayPal di Indonesia bisa memindahkan saldonya lebih dulu sebelum kembali diblokir. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year