telkomsel halo

Diskominfo DKI Jakarta menang kategori Public Safety di IDC Smart City APAC

07:49:00 | 11 Jun 2022
Diskominfo DKI Jakarta menang kategori Public Safety di IDC Smart City APAC
JAKARTA (IndoTelko) -- Knowledge Management for Flood Control System dari Department of Communications, Informaticsand Statistics of DKI Jakarta berhasil mengalahkan empat finalis lainnya pada kategori Public Safety – Next generation Emergency Services pada IDC Smart City Asia/Pacific Awards (SCAPA).

“Selamat kepada Department of Communications, Informatics and Statistics of DKI Jakarta atas kemenangan yang berhasil diraih. Sungguh luar biasa dapat menyaksikan dampak positif dan kemajuan yang berhasil dicapai oleh pemerintah daerah dengan kemampuan digital yang lebih matang. Sistem pengendalian banjir ini merupakan contoh nyata yang sangat baik dalam penggunaan teknologi baru untuk membantu mengatasi permasalahan suatu kota dan meningkatkan kualitas hidup warganya,” ujar Mevira Munindra, Country Manager, IDC Indonesia.

Knowledge Management for Flood Control System adalah proyek kota pintar yang hadir sebagai upaya pembuatan kebijakan berbasis data untuk mendeteksi area yang berpotensi tergenang air. Sistem ini mengumpulkan data dan pengetahuan historis, juga melakukan analisis prediktif untuk membantu meningkatkan kemampuan pemerintah dalam mendeteksi bencana, mempercepat waktu tanggap melalui penggunaan sistem tersebut dan pengawasan secara real-time.

Sistem ini menggunakan kemampuan kecerdasan buatan yang terdapat pada perangkat IoT untuk menarik dan memproses data dalam jumlah besar dan machine learning (ML) untuk meningkatkan akurasi pada model. Sistem ini juga dilengkapi dengan sensor dan data cuaca untuk mendapatkan gambaran situasi dan kondisi secara real-time untuk memprediksi di mana banjir akan terjadi, sistem juga dapat memberikan masukan untuk tanda bahaya, peringatan dan rekomendasi dalam pengambilan keputusan.

“Ketika negara-negara mengalami peningkatan resiko karena iklim, diperlukan lebih banyak upaya untuk mengembangkan solusi berbasis teknologi secara cepat, untuk memastikan keamanan publik. Proyek ini merupakan contoh yang sangat baik di mana teknologi terintegrasi seperti IoT, data analitik, kecerdasan buatan, dan machine learning dapat memberikan gambaran situasi secara real-time dari naiknya permukaan air, yang dapat digunakan untuk memprediksi di mana banjir akan terjadi,” ujar Jezamin Razak, Senior Research Manager, IDC ASEAN.

Lebih dari 330 nominasi kota pintar yang dikirimkan ke SCAPA 2022 diterima dari perusahaan publik dan swasta di kawasan Asia-Pasifik, dan hanya 22 proyek dalam 15 kategori eService berhasil meraih penghargaan sebagai best of the best pada bidangnya. Asia Tenggara berhasil meraih 7 dari 22 penghargaan, sedangkan kawasan Asia Timur berhasil mengantongi 11 dari 22 penghargaan.

"Kami senang melihat lebih banyak peserta pada penghargaan kali ini, dan adanya pengenalan kategori penghargaan baru yaitu Pandemic Management di mana kami menemukan solusi teknologi inovatif yang digunakan untuk mengendalikan situasi selama berlangsungnya pandemi COVID-19. Kami melihat adanya peningkatan di kawasan ASEAN dalam penggunaan otomatisasi, data real-time, data analitik dan kecerdasan buatan oleh sektor publik untuk melakukan kegiatan operasional yang lebih efisien, mendesain ulang layanan mereka, dan membuat kebijakan yang lebih tepat,” tambah Razak.

Berikut adalah pemenang IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022 berdasarkan kategori dan inisiatif kota pintar mereka yang luar biasa dan berbeda (diurutkan berdasarkan abjad):

    3D Public Safety Inspection and Warning System dari the Kaohsiung City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Public Safety – Data-Driven Policing
    Asynchronous Data Exchange (ADEX) dari Government Technology (GovTech) Agency of Singapore memenangkan Outstanding Smart City Project for Administration.
    Classroom of the Future dari the Ministry of Education (MOE) and Government Technology Agency of Singapore (GovTech) memenangkan Outstanding Smart City Project for Education.
    COVID-19 Vaccination and Vaccinated Differentiated Safe Management Measure (VDS) dari Ministry of Health (MOH) and Government Technology Agency of Singapore (GovTech) memenangkan Outstanding Smart City Project for Pandemic Management.
    Digital Twin System of Zhangjiawan Town dari Beijing Municipal Institute of City Planning & Design memenangkan Outstanding Smart City Project for Urban Planning and Land Use.
    eCanvas dari GovTech memenangkan Outstanding Smart City Project for Digital Equity and Accessibility.
    Floating Energy Storage System dari Energy Market Authority and Keppel Offshore & Marine memenangkan Outstanding Smart City Project for Urban Planning and Land Use.
    Intelligent Unmanned Tax Service Pioneer Plan dari the Taichung City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Digital Equity and Accessibility.
    Smart Water Networks Information Platform dari the Water Department of Hainan Province memenangkan Outstanding Smart City Project for Smart Water.
    IoT-based Smart Green City Services dari Korea Land and Housing Corporation memenangkan Outstanding Smart City Project for Sustainable Infrastructure.
    Voting dari the Taipei City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Civic Engagement.
    Kaohsiung Port's External Traffic - AI Smart Signals dari the Kaohsiung City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Transportation - Transport Infrastructure.
    Knowledge Management for Flood Control System dari the Department of Communications, Informatics, and Statistics of DKI Jakarta, Indonesia memenangkan Outstanding Smarty City Project for Public Safety – Next-Generation Emergency Services.
    M4 Smart Motorway Project dari the New South Wales Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Transportation - Transport Infrastructure.
    National Vegetable Quality Standard Center Test Demonstration Base Project dari Shandong Wuze Ecological Agriculture Technology Development Co., Ltd. memenangkan Outstanding Smart City Project for Smart Buildings/Tech Parks.
    RFID-based House Checking System dari the Bannari Amman Institute of Technology memenangkan Outstanding Smart City Project for Public Safety – Data-Driven Policing.
    Smart Gardens at Gardens by the Bay dari GovTech memenangkan Outstanding Smart City Project for Sustainable Infrastructure.
    Smart Work System dari the Daegu Metropolitan City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Pandemic Management.
    Taipei Digital 4.0 Pro Teacher-Student Platform dari the Taipei City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Education
    The Summer Palace - Smart Tourism Project dari Beijing Summer Palace Administration memenangkan Outstanding Smart City Project for Economic Development, Tourism, Arts, Libraries, Culture, Open Spaces.
    Thriving Rangatahi Population Explorer dari Vodafone Aotearoa Foundation memenangkan Outstanding Smart City Project for Public Health and Social Services.
    Transport Data Analytics Platform (TDAP) dari the Hamilton City Government memenangkan Outstanding Smart City Project for Transportation - Connected & Autonomous Vehicles, Public Transit, Ride-Hailing/Ride-Sharing.
IDC Government Insights memberikan saran kepada pemerintah mengenai cara memanfaatkan teknologi untuk menyelaraskan layanan yang diberikan pemerintah dengan kebutuhan dan harapan rakyatnya, meningkatkan kualitas pelayanan, mendorong aliran pendapatan baru, dan memacu pembangunan ekonomi. (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year