telkomsel halo

Menteri LBP yakinkan Elon Musk untuk investasi di Indonesia

04:57:49 | 28 Apr 2022
Menteri LBP yakinkan Elon Musk untuk investasi di Indonesia
Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk (Foto: Akun IG LBP)
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (MenkoMarves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis pasca pertemuannya dengan pemilik Tesla, Elon Musk, bisa menyakinkan pria yang baru saja membeli Twitter itu untuk berinvestasi di Indonesia.

“Saya tidak menyangka akan disambut dengan ramah dan bersahabat oleh CEO Tesla, Inc. Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Pertemuan ini memang yang pertama kalinya bagi saya dan Elon, tetapi sebetulnya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan. Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral,” kata Pria yang akrab disapa LBP itu melalui akun Instagramnya, kemarin.

Dikatakannya, menurut asisten Elon, tidak biasanya ia menerima tamu seperti kali ini. Antusiasme dan ketertarikan saya lihat dari wajah nya, namun saya penasaran mengapa Elon yang beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa “policy” terkait industri “electric vehicle” dan pengolahan nikel di Indonesia, kini bersemangat. “Apakah karena cuaca hujan yang baru turun di Texas setelah sekian lama ini membawa berkat tersendiri bagi tim delegasi kami, ataukah memang sosok Presiden @jokowi yang dianggap Elon sebagai salah satu kepala negara yang “reputable” karena terbukti mampu menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil meski dalam situasi pandemi?” tanya LBP.

Menurutnya, yang paling melegakan adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerjasama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama.

Diungkapkannya, nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah jadwalnya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX.

“Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti. Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik,” katanya.

Sementara salah satu pengusaha yang ikut dalam rombongan LBP kala menemui Elon, Anindya Bakrie dalam akun Facebook-nya mengakui tujuan rombongan dari Indonesia bertemu Elon memang  untuk meyakinkan Tesla agar dapat menjajaki kerja sama dengan Indonesia perihal penyediaan dan pemprosesan Nikel sebagai bahan baku membuat Battery Cell yang berlandaskan ESG (Environment, Social dan Governance) yang baik dan berkelanjutan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year