Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Kaspersky klaim gagalkan 43 juta ancaman siber di RI

11:30:00 | 22 Feb 2022
Kaspersky klaim gagalkan 43 juta ancaman siber di RI
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- Pandemi global terus berdampak di Indonesia khususnya dalam hal digitalisasi dan pergeseran aktivitas fisik ke format online. Kaspersky hari ini menyelami lanskap ancaman dunia maya selama lima tahun ke belakang di Indonesia, baik sebelum dan saat keadaan darurat kesehatan ini.

Laporan Kaspersky untuk tahun 2021 di Indonesia menunjukkan bahwa setidaknya dua dari lima (40,5%) pengguna komputer hampir terkena serangan berbasis web, dan hampir setengahnya (46,6%) menjadi sasaran ancaman lokal.

Tinjauan ancaman tahunan didasarkan pada data dari Kaspersky Security Network (KSN), infrastruktur terdistribusi kompleks yang didedikasikan untuk memproses aliran data terkait keamanan siber dari jutaan partisipan sukarela di seluruh dunia. 

Statistik ancaman berbasis web dan ancaman lokal selama lima tahun terakhir di Indonesia

Dalam hal tren, jelas bahwa tahun 2021 mengalami penurunan ancaman lokal tetapi peningkatan ancaman web.

Produk Kaspersky mendeteksi dan memblokir sebanyak 42.983.721 ancaman siber yang berbeda di Internet pada komputer pengguna KSN di Indonesia tahun lalu, meningkat 25% dibandingkan tahun 2020 dengan 34.516.232 ancaman terdeteksi di negara tersebut.

Indonesia telah menyaksikan peningkatan yang signifikan dalam ancaman web selama lima tahun terakhir. Dari lebih dari 14,7 juta deteksi ancaman online terhadap pengguna Indonesia yang terdeteksi oleh Kaspersky pada tahun 2017, telah melonjak menjadi hampir 43 juta insiden pada tahun 2021, ini menunjukkan peningkatan hampir dua kali lipat (192%).

Tahun 2018 menunjukkan jumlah ancaman web tertinggi dengan sebanyak 50.025.386 upaya serangan terdeteksi. Pada saat yang bersamaan, "Making Indonesia 4.0" turut resmi dimulai dan pelaku kejahatan siber melihat ini sebagai kesempatan besar dan menguntungkan, sehingga mereka juga mempersiapkan persenjatannya untuk meluncurkan upaya serangan di masa depan.

Serangan browser menjadi metode utama dalam menyebarkan program berbahaya ke pengguna yang tidak waspada.

Tahun 2021 produk Kaspersky juga mendeteksi 74.803.899 insiden lokal di komputer partisipan KSN di Indonesia. Ancaman lokal ini menunjukkan data tentang seberapa sering pengguna diserang oleh malware yang menyebar melalui drive USB yang dapat dilepas, CD dan DVD, dan berbagai metode "luring" lainnya.

Secara keseluruhan, 46,6% pengguna di Indonesia hampir terinfeksi oleh ancaman lokal selama periode tersebut.

“Keamanan siber di Indonesia telah mengalami perubahan dan juga peningkatan yang signifikan sejak tahun 2017. Seiring dengan peningkatan pertahanan di negara ini, kami mendesak semua sektor untuk bergabung dan membantu merangkul keamanan siber seterusnya. Pembentukan Code Service pada tahun 1946 hingga BSSN saat ini menunjukkan bahwa perlindungan dan keamanan siber telah menjadi agenda nasional negara ini sejak awal dan kami mengharapkan langkah lebih lanjut dari seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan keamanan siber negara,” komentar Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
“Indonesia memiliki potensi besar untuk pertumbuhan di masa depan seiring dengan pembangunan infrastruktur dan kemajuan teknologinya. Oleh karena itu, kita dapat selalu optimis untuk bergerak maju dan merangkul kekuatan teknologi serta internet dengan aman selama sistem kita terlindungi dan orang-orang di sekitar memiliki kesadaran keamanan dan terlatih untuk selalu waspada,” tambahnya.

Untuk menjaga diri Anda aman dari ancaman online, pakar keamanan Kaspersky menyarankan langkah-langkah dasar namun penting berikut:

  • Periksa tautan dengan cermat sebelum mengunjungi situs, terutama untuk kesalahan ejaan atau keanehan lainnya, bahkan jika Anda menganggapnya sebagai situs yang pernah Anda kunjungi secara rutin sebelumnya. Jangan klik tautan mencurigakan yang dikirimkan kepada Anda melalui SMS, aplikasi SMS, atau platform lainnya
  • Bungkus kata sandi Anda dalam lapisan kompleksitas
  • Gunakan koneksi yang aman, terutama saat Anda mengunjungi situs web sensitif. Sebagai tindakan pencegahan minimum, jangan gunakan Wi-Fi publik atau tidak dikenal tanpa perlindungan kata sandi. Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi lalu lintas jaringan Anda. Selalu ingat: jika Anda menggunakan koneksi yang tidak aman, pelaku kejahatan siber dapat mengarahkan Anda ke halaman phishing secara diam-diam.
  • Kami menyarankan Anda memblokir penginstalan perangkat lunak dari sumber pihak ketiga di pengaturan perangkat. Ini menghilangkan ancaman yang diunduh secara acak yang mencoba meniru pembaruan sistem dan sejenisnya.
  • Perhatikan izin yang diminta oleh aplikasi selama penginstalan. Pikirkan apakah mereka sesuai dengan tujuan aplikasi. Memberikan izin yang salah dapat mengirim data sensitif Anda ke pihak ketiga.
  • Selalu jalankan sistem dengan program anti-malware terbaru dan berkualitas seperti Kaspersky Internet Security. Solusi canggih Kaspersky akan membantu Anda memecahkan sebagian besar masalah secara otomatis dan memperingatkan Anda jika terjadi kesalahan.
Bakti
Untuk perusahaan, Kaspersky merekomendasikan hal berikut:

  • Mengedukasi karyawan tentang risiko keamanan - seperti aturan dasar untuk tidak membuka email dari pihak asing/tidak dikenal dan lampiran atau tautan tidak biasa lainnya.
  • Mengedukasi karyawan tentang cara menggunakan USB dengan aman - terutama jika karyawan menggunakan perangkat USB antara komputer di rumah dan perangkat kerja.
  • Mendorong penggunaan kata sandi unik di lingkungan kerja dan selalu menjaganya agar tetap aman dari akses siapa pun.
  • Membuat cadangan data penting dan memperbarui peralatan dan aplikasi TI secara berkala.
  • Perbarui dan tambal sistem Anda secara teratur.
  • Melaksanakan pelatihan keamanan siber secara berkala yang mampu memberikan wawasan tentang ancaman mutakhir terkini, sekaligus mengembangkan pola perilaku karyawan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman
  • Memasukkan wawasan ancaman global ke dalam sistem perusahaan yang dapat memberikan visibilitas mendalam ke penargetan ancaman siber terhadap organisasi seperti Kaspersky Threat Intelligence.
  • Keamanan terbaik adalah solusi yang membuat pekerjaan departemen TI lebih mudah dan tidak sulit. Jika bisnis Anda sedang booming, atau berada dalam fase transformasi digital, kemungkinan sumber daya terus-menerus diregangkan. Kaspersky Endpoint Detection and Response Optimum, melengkapi perlindungan titik akhir dengan memberikan visibilitas penuh dan kemampuan untuk menerapkan analisis akar suatu masalah, untuk menyajikan pemahaman lengkap tentang status pertahanan perusahaan terhadap ancaman tingkat lanjut. (sar)
Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year