Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Bhinneka perkuat adopsi smart city di Jabar

08:06:17 | 15 Dec 2021
Bhinneka perkuat adopsi smart city di Jabar
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Bhinneka bekerja sama dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat (Jabar) menghadirkan solusi infrastruktur, sekaligus meningkatkan keamanan kota terutama di ruang terbuka.

Bhinneka memasang dua unit smart pole yang dinamai TIMUS Bhinneka (Tiang Pintar Multifungsi) di Taman Kota Lapangan Gasibu, dan GOR Saparua untuk membantu meningkatkan kualitas hidup warga kota Bandung saat beraktivitas berkat fungsi smart light, camera CCTV 360°, outdoor speaker, koneksi internet WiFi, pengisian daya USB, dan tombol panik.

Hal ini senada dengan program #JabarJuara dan inovasi TIMUS Bhinneka diluncurkan bertepatan dengan penyelenggaraan Jabar Digital Service (JDS) —TechUpdate Spesial 2021 bertajuk “Sinergi Hadapi Pandemi Jabar Bangkit Lewat Inovasi”.

“Penambahan smart pole semakin mempertegas fungsi dan manfaat Jabar Command Center (JCC) dalam mewujudkan provinsi digital Jawa Barat meskipun di tengah pandemi. Versalitas fungsi dan fitur dari perangkat smart pole juga sangat membantu pelayanan, kenyamanan, dan keamanan area lapangan Gasibu dan GOR Saparua. Semuanya dalam kemudahan akses satu pintu dalam Jabar Command Center. Terima kasih kepada Bhinneka atas kontribusinya sebagai perusahaan teknologi asli Indonesia, sinergi antara pelaku industri dan pemerintah ini sangat diperlukan,” tutur Kepala Diskominfo Jawa Barat sekaligus Chief of Digital Transformation Office di Kementerian Kesehatan RI Setiaji.

Meningkatnya kebutuhan smart city telah menghasilkan visual yang kurang tertata di berbagai jalanan kota, sehingga diperlukan menyelaraskan kebutuhan teknologi dengan rencana tata kota. Dengan keberadaan smart pole dan multiguna dalam satu tiang, hal ini secara estetika tentu lebih memperindah kota-kota itu sendiri.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
TIMUS Bhinneka dengan kapabilitas IoT atau Internet of Things atap housingnya didesain senada dengan atap Gedung Sate -landmark- kota Bandung. Di dalam housingnya terdapat berbagai piranti keras yang mendukung berfungsinya semua fitur monitoring dan pengiriman data secara real-time ke gedung pusat komando Jawa Barat yang berlokasi di Gedung Sate. Data yang dikirim oleh TIMUS akan membantu pemerintah dalam mengambil keputusan strategis terhadap isu-isu perkotaan yang kompleks. Selain itu, kerusakan atau malfungsi dapat diidentifikasi dan dibenahi dari jarak jauh, tanpa perlu pengecekan fisik di lapangan; hal ini menjadi solusi bagi efisiensi operasional.

Operasional TIMUS Bhinneka terintegrasi dengan sistem di Jabar Command Center, yang sejak diresmikan pada Maret 2020 lalu, Jabar Command Center telah menjadi pusat informasi bagi masyarakat dan pembentukan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam merespons isu keseharian hingga bencana krusial.

Bakti
Sebagai perusahaan teknologi lokal yang telah melayani banyak korporasi dan pemerintah daerah, kami senantiasa menghadirkan produk dan layanan yang inovatif dan relevan dengan peningkatan layanan publik. Kami berharap TIMUS Bhinneka ini dapat dibangun di berbagai smart city lainnya di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi Pemprov Jabar dalam mewujudkan #JabarJuara lewat kolaborasi dalam pemanfaatan teknologi dan data, sebagai bagian dari upaya meningkatkan keamanan dan menekan laju Covid-19,” ujar CEO dan Founder Bhinneka Hendrik Tio.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC