Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Pawoon dan Accurate kolab, suguhkan solusi integrasi

10:01:52 | 08 Sep 2021
Pawoon dan Accurate kolab, suguhkan solusi integrasi
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -Data di Kementerian Koperasi UKM pada awal tahun 2021, jumlah UMKM yang sudah menggunakan teknologi digital saat ini baru mencapai 12 juta pelaku usaha. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa jumlah UMKM yang sudah menggunakan teknologi digital masih sangat kecil, karena baru mencakup 13% dari total 64 juta pelaku UMKM di Indonesia. 
 
Ini yang membuat  Pawoon sebagai perusahaan penyedia layanan Point of Sales (POS) di Indonesia, bersama Accurate Online sebagai penyedia software akuntansi di Indonesia yang dapat memudahkan pelaku usaha dalam melakukan pembukuan secara profesional, sepakat melakukan kolaborasi untuk memberikan layanan terintegrasi antara POS dan software akuntansi. 
 
Kolaborasi ini diharapkan mampu menjadi daya tarik baru sebagai solusi yang dapat membantu pengelolaan serta pengembangan bisnis khususnya dari proses transaksi hingga laporan keuangan dan operasional di tengah pandemi yang kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. 
 
Dikatakan VP of Commercial Accurate Fendi Darmawan, kerja sama Accurate dan Pawoon merupakan bentuk ketegasan pihaknya dalam mendukung pergerakan UMKM di Indonesia untuk tetap melaju dan melewati masa sulit bersama-sama. 
 
“Berdasarkan riset yang kami lakukan, dari total 377.000 pengguna Accurate Online, banyak diantaranya yang memiliki kebutuhan akan aplikasi kasir yang mudah dan aman untuk membantu meningkatkan penjualan. Dengan adanya integrasi antara software akuntansi dan POS, kami yakin kolaborasi bersama Pawoon mampu menjadi solusi yang dapat membantu pengelolaan dan pengembangan bisnis khususnya UMKM menjadi lebih efektif dan efisien dengan adanya laporan yang dapat dipantau di mana saja, dan kapan saja secara real-time,” tambahnya. 
 
Melalui kerjasama ini, lebih dari 25.000 pelaku usaha yang telah menjadi mitra Pawoon juga diharapkan dapat merasakan pengalaman dalam melakukan pencatatan keuangan dan operasional yang lebih profesional, mulai dari catatan arus kas, catatan laba rugi, catatan perubahan modal, dan lainnya dengan lebih mudah, cepat dan tepat. 
 
Sementara itu, Director of Operations Pawoon, Ivan Ekancono mengungkapkan, kolaborasi ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan para pelaku usaha yang telah menjadi mitra Pawoon, dalam memantau pembukuan secara profesional yang langsung terintegrasi dengan mesin kasir digital. "Kami juga optimis terciptanya kolaborasi yang mampu menjawab setiap tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM semacam ini, dapat memberikan nilai tambah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka untuk mulai menerapkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya,” katanya. 
 
Lewat kerjasama ini, tentunya pengguna Accurate Online juga akan sangat terbantu dengan adanya mesin kasir digital yang dapat langsung terintegrasi dengan pembukuan profesional. Ditambah lagi dengan beragam fitur yang dimiliki Pawoon dalam memanjakan setiap penggunanya seperti manajemen inventory, manajemen supply chain, pemesanan dan pengiriman online, manajemen pelanggan, hingga manajemen pemasaran, yang dapat memudahkan pelaku usaha dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya. 
 
Ivan menambahkan, Pawoon menyambut baik kolaborasi dengan Accurate Online sebagai alternatif software akuntansi online yang dapat membantu meningkatkan kemudahan pembukuan mitra usaha kami. "Dengan ini kami berharap dapat membantu banyak UMKM dalam mengembangkan usaha mereka, serta menjadi UMKM yang lebih tangguh di tengah pandemi yang masih kita perangi bersama.” tegasnya.
 
Kerjasama Pawoon dan Accurate ini diharapkan dapat memberikan daya tarik pelaku usaha yang masih menjalankan bisnisnya secara konvensional untuk mulai mempelajari keuntungan yang didapatkan dengan menerapkan digitalisasi sebagai investasi pengembangan bisnis mereka. (sg)
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year