telkomsel halo

Kaspersky deteksi 5,8 juta serangan terhadap game setahun terakhir

10:35:29 | 01 Sep 2021
Kaspersky deteksi 5,8 juta serangan terhadap game setahun terakhir
JAKARTA (IndoTelko) - Kaspersky mendeteksi lebih dari 5,8 juta serangan oleh malware yang menyamar sebagai game PC populer terdeteksi dan dicegah oleh solusinya pada Q3 2020 hingga Q2 2021.

Peningkatan volume ini mungkin terkait dengan pertumbuhan pesat aktivitas game selama pandemi. Data tersebut berasal dari laporan ancaman siber terkait game yang baru dirilis oleh Kaspersky, di mana para peneliti menilai terdapat perubahan ancaman terkait game selama pandemi.

Industri game menyaksikan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya selama 18 bulan terakhir, sebagian, berkat pengguna yang dipaksa untuk menemukan sarana hiburan alternatif saat mereka tinggal di rumah.

Meskipun dunia telah menjadi lebih aman tahun ini, permintaan akan game tetap ada, dan industri ini diprediksi akan tumbuh lebih jauh lagi, mencapai potensi puncak sebesar US$175,5 miliar pada akhir tahun 2021.

Dengan pemikiran ini, para peneliti Kaspersky melakukan ulasan tentang berbagai ancaman terkait game yang dihadapi penggunanya selama pandemi – mulai dari potensi serangan pada PC dan seluler hingga skema phishing.

Untuk mendapatkan gambaran jelas tentang tren ini, Kaspersky menganalisis serangan dengan malware dan perangkat lunak berbahaya lainnya yang menyamar sebagai 24 game PC paling populer dan 10 judul ponsel teratas tahun 2021.

Hasilnya menunjukkan bahwa ancaman siber terkait game PC melonjak seiring diterapkannya masa lockdown di Q2 2020, mencapai 2,48 juta deteksi di seluruh dunia – ini meningkat 66% dibandingkan Q1 2020 ketika 1,48 juta serangan terdeteksi. Menariknya, tahun ini jumlah serangan dan pengguna yang terinfeksi menurun tajam pada Q2 2021 – menjadi hanya 636.904 serangan.

Game seluler menunjukkan tren yang sedikit berbeda, dengan jumlah pengguna yang terpengaruh tumbuh sebesar 185% pada awal pandemi, dari 1138 pengguna pada Februari 2020 menjadi 3253 pengguna pada Maret 2020. Selain itu, jumlah pengguna yang bersantai di ponsel tidak turun secara signifikan setelah dua gelombang pandemi, menunjukkan rata-rata hanya penurunan 10% pada pengguna yang diserang per bulan pada Q2 2020 dibandingkan Q2 2021. Ini menunjukkan bahwa ancaman seluler tetap menarik bagi pelaku kejahatan suber bahkan ketika masa penguncian sosial dicabut di seluruh dunia.

Berbicara tentang game populer, Minecraft menduduki peringkat puncak untuk kategori PC dan seluler sebagai game yang paling sering dimanfaatkan untuk menyamarkan distribusi perangkat lunak dan malware berbahaya lainnya.

Popularitas Minecraft yang luar biasa seperti itu dapat dijelaskan oleh fakta bahwa terdapatt banyak versi dan segudang mod – modifikasi tambahan yang dapat dipasang di permainan untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Biasanya, mod dibuat oleh pengguna dan bersifat tidak resmi, sehingga memberikan kesempatan penyamaran yang mudah untuk menyelipkan muatan berbahaya atau perangkat lunak yang tidak diinginkan. Sepanjang Juli 2020 hingga Juni 2021, sebanyak 36.336 file yang disamarkan sebagai Minecraft telah didistribusikan. Mereka telah memengaruhi setidaknya 184.887 pengguna PC.

Sementara sebagian besar file yang didistribusikan dengan kedok game populer adalah pengunduh (downloader) – program yang mampu mengunduh adware dan perangkat lunak lain ke perangkat yang terinfeksi, dalam beberapa kasus, para pengguna PC dan seluler menghadapi ancaman yang jauh lebih serius, termasuk Trojan-stealers yang dirancang untuk mencuri data terkait mata uang kriptto dan data berharga lainnya, Trojan-banking dan bahkan backdoors.

“Kami telah menyaksikan efek yang cukup jelas dari pandemi terkait jumlah ancaman berkedok game populer. Karena semakin banyak orang beralih ke game, semakin banyak pengguna menghadapi ancaman yang disamarkan sebagai game. Dua cara populer untuk menyebarkan ancaman adalah halaman phishing – ada banyak sekali halaman yang menargetkan pengguna platform game yang berbeda, banyak di antaranya sangat sulit dibedakan dari situs asli bagi pengguna biasa. Vektor serangan lainnya adalah situs warez – khususnya, kami telah melacak kampanye terkoordinasi yang mendistribusikan penetes berbahaya melalui situs tersebut, yang memengaruhi pengguna di 45 negara. Dengan perkembangan fitur dan mata uang dalam game, industri game menjadi lebih menarik bagi para pelaku kejahatan siber. Mungkin risiko terburuk mengenai ancaman terkait game adalah hilangnya kredensial akun – baik itu detail login ke akun game atau, lebih buruk lagi, aplikasi perbankan atau cryptocurrency,” kata Peneliti keamanan di Kaspersky Anton V. Ivanov.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year