Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Pentingnya Menjaga Kinerja Jaringan bagi perusahaan yang Memberlakukan sistem WFH

12:33:00 | 13 Aug 2021
Pentingnya Menjaga Kinerja Jaringan bagi perusahaan yang Memberlakukan sistem WFH
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Saat  mayoritas karyawan  diminta untuk  bekerja dari rumah oleh perusahaan, penting kiranya bagi perusahaan yang bersangkutan untuk menjaga jaringan agar tetap andal dan stabil. . Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan terhadap infrastruktur jaringan kabel yang profesional untuk mendukung  keberlanjutan proses bisnis perusahaan.

Sebagai contoh, antara lain penggunaan  CCTV sebagai perangkat pemantauan yang sangat krusial dalam menjaga keamanan perusahaan dari waktu ke waktu. Namun seiring dengan pemberlakuan  WFH, mungkin pengecekan CCTV harus dilakukan secara jarak jauh (remote), sehingga sangat penting untuk menjaga jaringan kabel yang menghubungkan CCTV ini tetap bekerja dengan baik.

Jaringan ethernet saat ini sangat bergantung pada empat pasang kabel tembaga. Banyak penelitian yang menemukan bahwa lebih dari 50 persen permasalahan Ethernet yang terjadi – seperti kinerja  jaringan yang lambat atau gagal terhubung ke perangkat maupun layanan – disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan kabel seperti tipe konektor yang salah, atau kabel patch yang tidak sesuai.

Pengujian, pengukuran, dan perawatan kabel menggunakan alat uji berkualitas menjadi faktor utama untuk memastikan kelancaran operasi pada industri berbasis ethernet. Alat uji kabel dan jaringan yang saat ini sedang menjadi tren adalah LinkIQ. Produk dari  Fluke Network itu mampu menggabungkan antara diagnostik switch dengan teknologi pengukuran kabel canggih yang dimiliki perusahaan. Produk ini dapat memberikan laporan hasil uji, baik berhasil ataupun gagal dalam format yang mudah dipahami dengan menggunakan perangkat lunak LinkWare milik perusahaan. Pengujian ini juga dapat melakukan verifikasi kinerja switch, termasuk pada switch yang menyediakan daya melalui Ethernet.

​​“Kami berusaha memberikan solusi untuk memastikan kelancaran setiap operasi industri yang memiliki  ethernet. Saat ini, penggunaan teknologi Ethernet dengan kapasitas 10 Gb/s semakin banyak digunakan. Sehingga  para teknisi ataupun installer harus  memastikan tidak ada kesalahan dalam pengoperasiannya. Serta membantu mereka dalam  mendokumentasikan setiap pekerjaan mereka, sehingga dapat mempermudah dalam  mengidentifikasi  sekaligus mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada perangkat-perangkat mutakhir (troubleshooter). Disinilah LinkIQ kami hadir untuk mendukung teknologi mutakhir masa kini.” ujar Walter Hock, VP of Product Fluke.

Memang banyak alat uji kabel dan jaringan yang beredar. Namun biasanya alat-alat tersebut hanya menawarkan pengukuran dasar secara berkelanjutan pada kabel sementara LinkIQ menawarkan uji kabel secara canggih dan komprehensif kepada para teknisi untuk mengevaluasi kinerja kabel; NEXT, dan pengukuran insertion loss, return loss andlength. LinkIQ juga mendukung pengujian ethernet industrial dengan perangkat terminasi kabel yang unik, serta dirancang agar kompatibel dengan terminasi kabel pada ethernet industri yang umumnya digunakan.

Alat uji PoE ini mendukung pengujian secara khusus pada pasokan daya yang sesuai dengan standarisasi IEEE802.3bt. Selain itu, LinkIQ juga dapat mengukur tegangan beban daya dalam keadaan hidup atau mati agar dapat memastikan port switch tidak menurunkan pasokan di bawah beban.

Paket Semangat Kemerdekaan
LinkIQ menggunakan LinkWare™ PC yakni perangkat lunak untuk memberikan laporan dari Fluke Networks yang telah mendukung berbagai pengujian sejak 20 tahun lalu, serta menjadi solusi pelaporan standard de facto industri dengan puluhan ribu pengguna aktif. Cara paling sederhana untuk mengelola data laporan adalah melalui salinan gratis LinkWare. Hasil dari berbagai variasi produk Fluke dapat disimpan, diakses, dan dihasilkan dalam bentuk laporan format PDF atas hasil dari penggunaan perangkat lunak ini.

Biasanya, sistem pengujian yang bisa dilakukan sama dengan LinkIQ ini hanya bisa ditemui pada perangkat bersertifikasi yang cukup mahal. Bahkan sampai puluhan dolar. Namun alat uji Ethernet Industri Kabel+Jaringan LinkIQ Fluke Networks saat ini tersedia dengan harga USD2,199 atau sekira Rp31,8 juta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi teknis dan lokasi pembelian, Anda dapat mengunjungi laman resmi Fluke di sini atau menghubungi alamat email: apacmarketing@flukenetworks.com

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year