telkomsel halo

ZTE ikut perkuat 5G Telkomsel

11:07:37 | 03 Jul 2021
ZTE ikut perkuat 5G Telkomsel
JAKARTA (IndoTelko) - ZTE Corporation turut berpartisipasi dalam acara peluncuran jaringan 5G pertama di Indonesia yang diadakan Telkomsel. 

Sebagai mitra Telkomsel, ZTE mendukung dengan menampilkan beberapa skenario penggunaan 5G berupa patrol robot 5G dan cloud gaming pada peluncuran Telkomsel 5G di Jakarta.

Dengan kemampuan jaringan 5G, patrol robot dapat mengunggah gambar dengan kualitas high-definition (HD) dan menyediakan informasi sensor secara real time dengan bandwidth ultra-large 5G dan latensi ultra-low yang mendukung penentuan posisi, perencanaan jalur, dan penghindaran rintangan secara otomatis. Selain itu, terdapat prospek aplikasi yang luas untuk patrol robot 5G. 

Kecanggihan robot ini juga dapat membantu melakukan inspeksi keamanan dan memastikan keselamatan dalam skenario berbahaya.

Cloud gaming, sebagai skenario aplikasi penting di era 5G yang juga merupakan bidang aplikasi baru internet seluler. Pengguna menggunakan jaringan 5G berkecepatan tinggi untuk mengirimkan perintah ke cloud, lalu cloud mengirimkan gambar dengan kualitas tinggi ke perangkat lokal. Dengan demikian, ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses cepat ke game yang menuntut kualitas gambar tinggi melalui ponsel pintar 5G. 

Selain itu, pengguna tidak perlu mengunduh dan install game di perangkat sehingga memberikan pengalaman "games on demand" yang lebih baik.

ZTE turut mendukung peluncuran Telkomsel 5G di Makassar. Pada kesempatan ini, ZTE menyiapkan booth interaktif untuk menampilkan berbagai skenario 5G yang dapat bermanfaat bagi industri dan masyarakat di Indonesia, antara lain drone, virtual reality (VR) dan cloud gaming.

Dalam skenario ini, 5G mampu meningkatkan performa drone yang bermanfaat di berbagai sektor industri termasuk Traffic Monitoring & Control. Beberapa manfaat dari jaringan 5G untuk drone antara lain, meningkatkan kecepatan pemindaian objek seperti pelat nomor kendaraan, memberikan kualitas gambar HD dalam pengenalan wajah, memantau pergerakan kendaraan secara real-time dan meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengawasan.

Di booth 5G VR Live, pengunjung dapat merasakan tur virtual dengan menggunakan teknologi VR yang didukung oleh 5G ke beberapa destinasi wisata menarik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jaringan 5G mendukung teknologi VR untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi sehingga memberikan pengalaman traveling yang lebih nyata dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi di suatu lingkungan.

Di Booth 5G Games Experience pengunjung dapat bermain gim terbaik dari platform cloud gaming yang didukung oleh jaringan 5G. Dengan bandwith yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, 5G memungkinkan pengguna untuk streaming gim dengan cepat tanpa harus mengunduh di PC atau konsol gim dan memberikan kualitas gambar yang lebih baik tanpa lag.

ZTE dan Telkomsel memaknai kolaborasi ini sebagai contoh sukses penerapan 5G ke industri vertikal.  

“ZTE telah bekerja sama dengan operator dan sektor vertikal dalam menjelajahi model bisnis baru dan skenario penggunaan 5G untuk mencapai kinerja jaringan yang tinggi dalam skenario tersebut. Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Telkomsel dalam menyambut 5G yang membawa level baru dalam konektivitas yang belum pernah ada sebelumnya. Ke depan, ZTE akan terus memfasilitasi operator dalam menyebarkan jaringan dan mengambil langkah awal dalam komersialisasi 5G melalui solusi dan produk yang inovatif dan andal untuk bersama-sama mengeksplorasi perkembangan industri 5G,” ujar Sales Director, ZTE Indonesia Erick Xu.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan Telkomsel selalu menjadi yang terdepan dalam teknologi telekomunikasi di Indonesia.

"Selama beberapa tahun terakhir, kami telah berinvestasi secara signifikan untuk membangun pengetahuan praktis mengenai 5G, pengembangan talenta, dan serangkaian rancangan komprehensif dalam menghadirkan 5G ke Indonesia. Untuk itu, kami sangat senang dapat menjadi operator pertama yang meluncurkan 5G di Indonesia. Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan manfaat 5G dapat dirasakan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia. Telkomsel secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, yang lebih baik dari 4G. Kami berharap untuk dapat memperkuat kolaborasi kami dengan ZTE serta pemangku kepentingan lainnya dalam ekosistem 5G untuk menyediakan jaringan, layanan, serta solusi yang bermanfaat dan dapat diakses oleh lintas industri, pemerintah, maupun masyarakat umum,” katanya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year