telkomsel halo

Wishnutama diangkat sebagai Komut Telkomsel

13:46:00 | 11 Feb 2021
Wishnutama diangkat sebagai Komut Telkomsel
Wishnutama Kusubandio
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Telkomsel, Kamis (11/2), memberikan hasil yang mengejutkan. 

"PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) selaku pemegang saham PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah mengangkat Komisaris Utama, Direktur Sales dan Direktur Network Telkomsel yang baru pada tanggal 11 Februari 2021," ungkap Vice President Corporate Communications Telkomsel  Denny Abidin dalam keterangan, Kamis (11/2).

Susunan Komisaris Telkomsel saat ini selengkapnya sebagai berikut:

Komisaris Utama  :  Wishnutama Kusubandio
Komisaris  :  Heri Supriadi
Komisaris  :  Yose Rizal
Komisaris  :  Nanang Pamuji Mugasejati
Komisaris  :  Yuen Kuan Moon
Komisaris  :  Paul Dominic Sullivan
Sedangkan, untuk susunan Direksi Telkomsel saat ini selengkapnya adalah:

Direktur Utama  :  Setyanto Hantoro
Direktur Finance  :  Leonardus Wahyu Wasono
Direktur Sales  :  Hendri Mulya Syam
Direktur Network   :  Nugroho
Direktur Planning & Transformation  :  Wong Soon Nam
Direktur Information Technology  :  Bharat Alva
Direktur Marketing  :  Rachel Goh Hui Min
Direktur Human Capital Management  :  R Muharam Perbawamukti
 

Profil
Sementara Wishnutama Kusubandio, sebelumnya lebih dikenal di dunia penyiaran yang mengantarkannya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju (2019–2021). Terakhir, Wishnutama menjadi Komisaris di Tokopedia.

Sementara Hendri Mulya Syam  sebelumnya menjabat sebagai Direktur Network di Telkomsel (2020-2021), serta berbagai posisi dan bidang di Telkomsel sejak 1995 seperti Network Strategy, Network Services and Quality, Corporate Planning, Product and Mobile Data, Marketing, Customer Service and IT Operation, Program Management Office. 

Urang awak ini  juga pernah menjabat sebagai Chief Sales & Distribution Officer di Indosat Ooredoo (2018-2020).
  
Nugroho (Nugi), sebelumnya  menjabat sebagai Senior Vice President Business IT Delivery Telkomsel. Beliau juga pernah memegang beberapa posisi strategis di Telkomsel seperti Vice President IT Delivery (2019-2021), Vice President IT Customer Care and Charging Group (2017-2019) dan Vice President IT Customer Care and Billing Solution and Management Group Telkomsel (2014-2017).

Hasil RUPST ini tentu diluar dugaan karena selama ini jabatan Komisaris Utama Telkomsel menjadi jatah dari Dirut Telkom. Praktik ex officio ini sudah berlaku lebih dari satu dekade dengan alasan, Telkomsel adalah pemasok utama dari pendapatan TelkomGrup.

Paket Semangat Kemerdekaan
Alasan lainnnya adalah sinergi dalam pembangunan jaringan dimana Telkom diposisikan sebagai pendukung utama backbone dan transmisi bagi akses Telkomsel.  

Bahkan, ketika Arief Yahya menjadi Direktur Telkom, tagline Solid, Speed, Smart (3S) dicanangkan untuk menunjukkan kesolidan dari Telkom mendukung perkembangan Telkomsel sebagai revenue engine.

"Pengangkatan Komisaris Utama, Direktur Sales dan Direktur Network yang baru merupakan hal yang lumrah dalam dinamika bisnis dan sejalan dengan pengembangan strategi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang telah berkomitmen mengambil peran menjadi digital connectivity enabler dalam melanjutkan roadmap pengembangan jaringan broadband berteknologi terdepan di Indonesia," pungkas Denny.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year