Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Nutanix tambah fitur canggihnya, hybrid cloud

09:02:48 | 09 Dec 2020
Nutanix tambah fitur canggihnya, hybrid cloud
Nutanix (Ilustrasi)
JAKARTA (IndoTelko) - Nutanix baru-baru ini mengumumkan kemampuan hybrid cloud baru untuk penawaran penyimpanan data tak terstruktur, Objects and Files.

Dengan fitur canggih ini, pelanggan Nutanix kini bisa memanfaatkan fabric penyimpanan yang mudah digunakan dengan kemampuan scale out di lingkungan cloud yang berbeda untuk menyederhanakan manajemen data dan secara efektif mengurangi biaya yang semakin mendekatkan tim IT ke model operasi hybrid cloud sesungguhnya.

Fitur anyar ini dikembangkan dengan Nutanix Clusters yang baru diluncurkan, yang juga mendukung software infrastruktur hyperconverged Nutanix di AWS, dan nantinya di Microsoft Azure. Perusahaan terus berusaha mengembangkan teknologinya agar bisa berjalan di cloud apa saja, serta model operasi umum untuk menyederhanakan manajemen IT dan memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk menjalankan setiap aplikasi di cloud pilihan mereka.

Dikatakan Chief Technology Officer Nutanix Rajiv Mirani, tim IT di dunia dengan cepat bergerak menuju lingkungan hybrid dan mereka mencari solusi teknologi untuk memudahkan mereka dalam transisi ini, membantu mereka mengelola teknologi yang berbeda dan menyederhanakan operasi.

“Kami baru saja memperluas software infrastruktur hyperconverged kami ke cloud publik dengan peluncuran Nutanix Clusters untuk membantu perusahaan melakukan hal tersebut. Sekarang fokusnya adalah memperkuat platform secara keseluruhan, termasuk menyediakan fabric penyimpanan yang mudah digunakan dan bisa di-scale out di beberapa lingkungan cloud yang berbeda,” kata Rajiv dalam siaran pers nya.  

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan :

1. Cloud Tiering untuk Penyimpanan Objects

Nutanix Objects kini bisa melakukan tiering data objek ke store objek yang kompatibel dengan S3, termasuk penyimpanan cloud seperti AWS S3. Ini membantu pelanggan menghemat biaya penyimpanan jangka panjang dan pengarsipan dengan memanfaatkan infrastruktur cloud publik.

2. Hybrid Cloud File Storage

Nutanix Files kini secara umum bisa dioperasikan di cloud publik melalui Nutanix Clusters. Sebagai solusi penyimpanan file hybrid cloud yang sesungguhnya, Nutanix Files kini memberikan pengalaman terpadu bersama dengan pengelolaan satu panel sederhana di beberapa model penggunaan cloud, menjangkau edge, kantor di daerah terpencil, pusat data inti dan cloud publik.

3. Pemulihan Bencana Lebih Sederhana

Paket Semangat Kemerdekaan
Nutanix Objects and Files kini memberikan target titik pemulihan (RPO) yang lebih baik untuk memastikan data selalu tersedia di pusat data dan cloud ketika terjadi bencana. Objects kini menyediakan replikasi streaming dengan RPO hanya dalam beberapa detik. Ini secara spesifik membantu containerized workloads yang bisa menggunakan titik akhir S3 untuk penyimpanan utama.

Sementara itu, Research Vice President, Infrastructure Systems, Platforms and Technologies Group, IDC Eric Burgener mengungkapkan, ketika perusahaan berjuang dengan transformasi digital mereka dan migrasi ke hybrid cloud sesungguhnya, mereka mencari solusi untuk membantu menjalani proses ini. Kemampuan utama yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan tersebut adalah kemudahan dan keseragaman di semua lokasi penggelaran dan beberapa cloud.

 “Satu solusi yang bisa memberikan pengalaman terpadu tunggal untuk akses data dimanapun lokasinya, seperti yang ditawarkan Nutanix dengan Files and Objects, akan jadi pilihan tepat bagi banyak perusahaan,” jelas Eric. (sg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year