Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

ALTO Network gandeng INETCO untuk lindungi GPN

09:16:22 | 07 Dec 2020
ALTO Network gandeng INETCO untuk lindungi GPN
ilustrasi
VANCOUVER (IndoTelko) - INETCO Systems Limited mengumumkan langkah PT ALTO Network (ALTO), Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway) di Indonesia, yang telah memilih perangkat lunak INETCO Insight untuk menghadirkan kinerja kelas dunia dan pemantauan keamanan. Kemitraan ini mendukung Gerakan Nasional Nontunai dan visi Sistem Pembayaran Nasional Bank Indonesia.

ALTO adalah vendor terkemuka di Indonesia yang menyediakan end-to-end payment switching dan solusi perbankan digital. ALTO memperoleh izin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang mendukung interkoneksi dan interoperabilitas dalam sistem pembayaran nasional Indonesia. Melayani 40+ bank anggota yang menawarkan dan menggunakan sistemnya, ALTO menghubungkan 100.000+ anjungan tunai mandiri (ATM) dan 1.000.000+ mesin electronic data capture (EDC) di seluruh Indonesia.

Pada September 2020, ALTO mengumumkan kemitraan dengan Visa untuk memproses transaksi kartu debit di dalam negeri. ALTO menerapkan platform pemantauan dan analisis transaksi INETCO Insight yang sesuai dengan regulasi keamanan Visa, serta menjamin stabilitas dan keamanan setiap transaksi pembayaran end-to-end.

"Aksi penipuan dalam transaksi pembayaran diawasi dengan sangat ketat di Indonesia. Bersama mitra-mitra kelas dunia seperti INETCO, kami selalu berupaya untuk mencegah pola penipuan card present dan card-not-present. Kami ingin nasabah merasa aman saat beralih ke pembayaran digital, serta membantu bank-bank anggota kami untuk melindungi diri dari kerugian finansial dan rusaknya reputasi—dua hal yang tak bisa dipulihkan," kata CTO, PT ALTO Network Patricco Baron.

Paket Semangat Kemerdekaan
Tim fraud risk ALTO mengandalkan INETCO Insight untuk mengenali dan menganalisis pola aksi penipuan pada jenjang transaksi dalam milidetik—sebelum terjadinya kerugian finansial yang bernilai besar, risiko pelanggan dan reputasi. Kinerja lengkap dari setiap ATM domestik, transaksi debit dan pengiriman uang antarbank dikorelasikan dan diprofilkan secara seketika (real-time). Dengan demikian, ALTO memperoleh visibilitas yang menyeluruh pada 120+ tautan yang mencakup: Dari setiap bank anggota yang menawarkan dan menggunakan layanan hingga ALTO Retail Payment Solution (RPS) switch. Dari ALTO RPS switch ke titik otorisasi pengguna layanan (host)

Selain visibilitas pada perjalanan transaksi pembayaran end-to-end, INETCO Insight memecahkan sandi seluruh protocol message field yang terdapat dalam setiap transaksi, termasuk jenis pesan, nomor kartu, nilai transaksi, hari dan waktu transaksi, kode respons, ID terminal, serta pesan ISO 8583. Hal-hal ini merupakan data field yang dipakai oleh tim fraud risk ALTO agar memenuhi standar keamanan Visa, serta secara proaktif memberikan rules-based alert, fraud analytic, predictive machine learning model, real-time risk scoring untuk setiap nasabah—langsung diperbarui setiap kali transaksi dilakukan.

"INETCO bertekad untuk membantu ALTO dalam menyediakan keamanan pembayaran dan keunggulan layanan kelas dunia kepada seluruh bank anggota dan nasabah mereka. Kami memiliki rekam jejak teruji dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas transaksi pembayaran. Kami gembira untuk memperluas inklusi keuangan, serta implementasi pembayaran nontunai di Indonesia," kata CEO, INETCO Bijan Sanii.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year