telkomsel halo

Mastercard, IDEMIA, dan MatchMove uji coba kartu biometrik sidik jari di Asia

10:39:20 | 06 Nov 2020
Mastercard, IDEMIA, dan MatchMove uji coba kartu biometrik sidik jari di Asia
JAKARTA (IndoTelko) – Mastercard telah bekerja sama dengan IDEMIA, pemimpin global dalam Augmented Identity, dan MatchMove, fintech yang berbasis di Singapura, untuk proyek percontohan pertama mereka di Asia, yaitu kartu biometrik yang menggunakan sidik jari untuk mengotorisasi transaksi di terminal pembayaran di dalam toko.

Kartu dengan nama produk F.CODE Easy tersebut, membawa pengalaman otentikasi biometrik yang mulus dan intuitif dari smartphone ke smartcard. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih nyaman dan aman di mana pemegang kartu tidak harus memasukkan nomor PIN atau tanda tangan, sehingga mengurangi kontak fisik di tempat umum.

Dikembangkan oleh IDEMIA sesuai dengan spesifikasi teknis dan desain Mastercard, F.CODE Easy memastikan privasi dan keamanan dengan menyimpan semua kredensial biometrik pada chip kartu dan bukan di database pusat. Kartu bebas baterai, yang mengumpulkan energi dari terminal pembayaran untuk menyalakan sensor sidik jarinya, dirancang agar mudah digunakan dan disertifikasi dengan standar ISO oleh Mastercard untuk keamanan dan kepatuhan.

MatchMove, sebuah Perbankan sebagai penyedia Layanan di Singapura, akan menerbitkan kartu biometrik untuk uji coba pada kuartal keempat tahun ini. Uji coba akan mengutamakan karyawan Mastercard, IDEMIA dan MatchMove menggunakan kartu untuk transaksi dan demonstrasi langsung untuk pelanggan.

“Saat orang-orang secara permanen berpindah ke transaksi nirsentuh, kartu biometrik menjanjikan lebih banyak pilihan dan keamanan yang lebih besar bagi konsumen. Dengan fokus Mastercard pada perdagangan digital, solusi ini merupakan bukti kemitraan inovatif yang dibangun Mastercard dan misinya untuk memberikan pengalaman pembayaran yang cepat dan tanpa hambatan yang terlindungi di setiap titik,” kata Executive Vice President, Services, Asia Pacific, Mastercard Matthew Driver.   

Berdasarkan studi Mastercard di berbagai pasar di seluruh dunia yang diterbitkan pada bulan Juni, perpindahan ke transaksi bebas sentuh sedang berlangsung secara global karena hampir enam dari 10 konsumen mengatakan perpindahan ke pembayaran digital kemungkinan akan bertahan, dan hampir setengah berencana untuk menggunakan uang tunai lebih jarang bahkan setelah pandemi COVID-19 berlalu. Di Asia Pasifik, sebagian besar - 71% di Australia, 77% di India, 73% di Tiongkok, dan 62% di Jepang - percaya bahwa peralihan ke pembayaran nirsentuh akan tetap ada.

Untuk mendukung proses kehadiran F.CODE Easy, IDEMIA akan menyediakan layanan lengkap bagi MatchMove yang memungkinkan pengguna untuk mendaftar di rumah mereka sendiri untuk kenyamanan yang maksimal.

“Kami bangga merayakan pencapaian ini dalam perjalanan kami membentuk masa depan pembayaran menjadi pembayaran yang didukung oleh biometrik. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Mastercard dan MatchMove untuk meluncurkan F.CODE Easy di Asia, dan kami berharap dapat terus bekerja sama untuk memberikan keamanan yang lengkap bagi fintech.” MatchMove, yang bertujuan untuk mendemokratisasi layanan keuangan penting menggunakan penyimpanan canggih dan teknologi seluler, merupakan satu dari 21 pemohon lisensi perbankan digital Singapura," kata Senior Vice President of Financial Institutions Asia Pacific at IDEMIA Vincent Mouret.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year