telkomsel halo

Telkomsel nonaktifkan sementara PopCall pasca maraknya penipuan

09:35:48 | 01 Okt 2020
Telkomsel nonaktifkan sementara PopCall pasca maraknya penipuan
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsel mengambil langkah preventif dengan menonaktifkan sementara layanan PopCall seiring maraknya fitur tersebut digunakan untuk penipuan nasabah perbankan.

GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan, perusahaan menonaktifkan sementara aktivasi baru layanan PopCall. Ini dilakukan setelah ada laporan dari pelanggan.

"Penonaktifan juga dilakukan untuk pengembangan layanan lebih lanjut. Hal ini agar penyalahgunaan fitur PopCall dapat diminimalkan," kata Aldin.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan Telkomsel menyediakan layanan SMS untuk pengaduan jika pelanggan merasakan ada upaya penipuan, dengan menghubungi layanan call center 24 jam 188, mengirimkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NOMOR MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN.

Selain itu, pelanggan Telkomsel juga bisa menghubungi via pesan singkat dengan asisten virtual di Line, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.

"Telkomsel juga siap berkoordinasi jika sudah ada permohonan tindak lanjut secara resmi dari aparat penegak hukum, sesuai dengan laporan yang diajukan oleh masyarakat dan melakukan blokir sesuai permintaan pemerintah dan atau sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku," kata Denny.

Sebelumnya, sjumlah orang yang mengaku sebagai pengguna Jenius menyampaikan adanya upaya penipuan beberapa waktu lalu.

Penipu menggunakan layanan PopCall supaya pesan tampak dari perusahaan resmi. PopCall adalah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menampilkan teks berupa pop up pada layar ponsel penerima. Pesan ini akan muncul sesaat sebelum telepon berdering.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year