Paket rumah ceria
Paket rumah ceria
NeuAPIX
telkomsel halo

Grab ikut susun roadmap ekosistem kendaraan listrik

03:06:29 | 14 Dec 2019
Grab ikut susun roadmap ekosistem kendaraan listrik
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Grab dan pemerintah Indonesia (Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi) meluncurkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik (EV Ecosystem Roadmap), dengan tujuan untuk mempercepat adopsi EV di Indonesia dan mewujudkan jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Grab mengumumkan kerja sama dengan produsen mobil Hyundai, Astra Honda Motor (AHM), dan Gesits untuk meluncurkan uji coba kendaraan listrik berupa mobil dan motor di wilayah Jabodetabek. 

Uji coba ini sejalan dengan komitmen yang dibuat oleh SoftBank dan Grab pada bulan Juli lalu, di mana SoftBank menginvestasikan US$2 miliar ke Indonesia, melalui Grab, untuk membangun ekosistem EV Indonesia dan untuk mendukung tujuan pemerintah mencapai 2 juta unit kendaraan listrik pada tahun 2025. 

“EV Ecosystem Roadmap memungkinkan Grab dan Pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan dan mendorong kemajuan Indonesia dalam memenuhi target EV dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin EV di Indonesia dan Asia Tenggara. Upaya bersama ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur digital di Indonesia dan akan membantu kami untuk menghadirkan solusi yang memberikan efisiensi biaya transportasi dan mendorong lebih banyak orang untuk mengadopsi EV, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara lainnya," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan oleh Grab.

"Inisiatif ini sejalan dengan peraturan saat ini untuk mengembangkan industri EV serta mempercepat penggunaan moda transportasi ramah lingkungan di Indonesia. Hal ini juga dapat mendukung inisiatif pemerintah untuk mengurangi masalah polusi udara di Indonesia, terutama di Jakarta. Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi penyedia lain untuk juga mendukung ekosistem EV di Indonesia dan berharap ini akan memperkuat keamanan energi Indonesia, mewujudkan udara yang lebih bersih, dan menjadikan Indonesia sebagai bagian dari EV Global Supply Chain," kata Luhut.

Paket rumah ceria
Grab telah dan akan terus memperluas ekosistem EV-nya dengan bekerja sama dengan pemerintah dan mitra seperti perusahaan pembuat mobil dan perusahaan listrik negara untuk mendorong adopsi EV. Hal ini memungkinkan Grab mendapatkan lebih banyak wawasan untuk operasi dan memperluas armada EV, mendukung pengembangan kebijakan bersama yang bertujuan untuk membuat EV lebih terjangkau dan membentuk perilaku pengemudi dan pemilik armada dengan lebih baik sehingga mereka akan beralih ke EV.

Saat ini Grab memiliki salah satu armada kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara, dengan 200 unit model Hyundai KONA di Singapura dalam uji coba yang diluncurkan Januari 2019. Grab juga bermitra dengan perusahaan listrik Singapura, SP Group, untuk menggunakan jaringan pengisian EV publik bagi armada Grab EV.

NeuAPIX
Di Indonesia, Grab telah menandatangani perjanjian dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk bersama-sama membangun jaringan stasiun pengisian kendaraan listrik, Untuk kendaraan roda dua, Grab juga sedang menguji coba 20 sepeda motor listrik dengan AHM dan Gesits, yang keduanya merupakan produsen sepeda motor EV di Indonesia. Uji coba ini akan menguji kelayakan sepeda motor EV di seluruh perjalanan bersama Grab, termasuk layanan pengiriman makanan dan barang di Jabodetabek.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year