Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Sah! Emma hijrah ke Pertamina

15:43:42 | 25 Nov 2019
Sah! Emma hijrah ke Pertamina
Emma Sri Martini bersama jajaran komisaris baru Pertamina.(ist)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Usai sudah perjalanan singkat Emma Sri Martini sebagai Direktur Utama (Dirut) Telkomsel.

Emma yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1993 itu akhirnya diangkat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) sebagai direktur keuangan menggantikan Pahala N Mansury.

Dalam RUPS itu juga memutuskan Basuki Tjahaja Purnama menjadi Komisaris Utama, Budi Gunadi Sadikin menjadi Wakil Komisaris Utama dan Condro Kirono sebagai Komisaris.

Keputusan tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-282/MBU/11/2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris Perseroan (Persero) PT Pertamina dan SK-283/MBU/11/2019, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina. Keputusan tersebut ditetapkan pada 22 November 2019.

Keputusan tersebut juga memberhentikan dengan hormat Pahala N Mansury dari jabatan Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), posisi yang dijabatnya sejak September 2018. Selain itu, keputusan ini juga memberhentikan dengan hormat Tanri Abeng dari jabatan Komisaris Utama, Arcandra Tahar dari jabatan Wakil Komisaris Utama dan Gatot Trihargo dari Komisaris. Tanri Abeng telah menjabat sebagai Komisaris Utama sejak Mei 2015, Arcandra Tahar menjabat Wakil Komisaris Utama sejak November 2016 dan Gatot Trihargo menjabat posisi Komisaris sejak April 2019. 

"Pergantian direksi dan komisaris merupakan kewenangan Pemegang Saham. Surat Keputusannya sudah ditetapkan," ujar Vice President Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan, Senin (25/11). 

Emma Sri Martini sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Telkomsel sejak Mei 2019. Emma merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1993 dan peraih gelar Master di Harvard Kennedy School Executive Education bidang Infrastruktur dan Ekonomi Pasar tahun 2011.

Paket Semangat Kemerdekaan
Kabar Emma akan menjadi salah satu direktur di Pertamina sudah diumumkan Menteri BUMN Erick Thohir pada akhir pekan lalu.

Ditariknya Emma ke Pertamina membuat bursa kursi calon TSEL-1 langsung menghangat.

Beberapa nama mulai muncul dalam bursa calon TSEL-1 diantaranya, Director Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, Mantan Direktur Digital and Strategic Portofolio Telkom David Bangun, Direktur Utama Pelindo I, Dian Rachmawan, Direktur Utama Telin Sukardi Silalahi, Direktur Keuangan Telkomsel Heri Supriadi, Mantan Dirut INTI Irfan Setiaputra, hingga Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dianggap layak dipertimbangkan untuk memimpin Telkomsel.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan