Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ini syarat Jakarta Smart City gandeng startup

05:22:58 | 16 Sep 2019
Ini syarat Jakarta Smart City gandeng startup
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Jakarta Smart City (JSC) terus mendorong agar perusahaan rintisan atau startup maupun perusahaan digital lainnya dapat berkolaborasi dengan Jakarta Smart City (JSC) dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota cerdas dengan enam pilar utamanya.

Adapun keenam pilar tersebut yakni, smart living, smart mobility, smart environment, smart economy, smart governance, dan smart people.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, JSC pada saat ini memposisikan dirinya sebagai inovation hub dan living lab yang dapat menjadi playground atau sarana kolaborasi para startup, super app, maupun perusahan digital lainnya dengan Pemprov DKI untuk membangun dan memajukan Jakarta.

"Inisiasi ini merupakan bagian dari pengembangan JSC untuk pengembangan kota cerdas yang bertumpu pada kolaborasi ekosistem digital yang ada di Pemprov DKI," ujarnya seperti dikutip dari BeritaJakarta (15/9).

Ditambahkannya, Pemprov DKI Jakarta mendorong para insan kreatif dan perusahaan digital menjadikan dan menggunakan infrastruktur Jakarta untuk mengenalkan teknologi yang dimiliki.

"Kolaborasi dapat dilakukan dengan bekerja sama dalam ide dan gagasan, menyusun narasi, berbagi beban investasi, hingga mewujudkannya bersama-sama dalam koridor enam pilar Jakarta Smart City," terangnya.

Atika menjelaskan, konsep smart city sudah dibangun dari 2015, dan hingga saat ini Jakarta sudah cukup memiliki infrastruktur yang baik, tinggal meningkatkan utilisasi infrastruktur tersebut dengan kolaborasi.

"Tentunya ini meningkatkan dan percepatan dari implementasi enam pilar smart city melalui strategi kolaborasi. Di sini kita duduk bareng dan sama-sama tahu solusi dari kedua belah pihak," ungkapnya.

Atika menilai, startup dan perusahaan digital masa kini cepat bergerak, fleksibel, dan memiliki potensi besar untuk berkembang ke depan sehingga kolaborasi ini akan bermanfaat dalam mewujudkan Jakarta yang lebih baik.

Telkom Marketing 2
"Peran Jakarta Smart City itu memastikan bahwa teknologi itu bisa diimplementasikan secara cepat dan memadai. Sedangkan SKPD sebagai implementator dan akselerator," ucapnya.

Ia menambahkan, tiap-tiap proyek dalam kolaborasi itu ada Key Performance Indicator karena bergerak dari smart collaboration.

"JSC terbuka bagi siapa saja yang ingin bekerja sama. Namun demikian, kami tetap melakukan kurasi terkait bidang kerja sama, kesesuaian dengan enam pilar, serta based untuk menyelesaikan masalah," tandasnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma