telkomsel halo

Qlue raih penghargaan `Best Mobile Government Service`

10:07:54 | 19 Feb 2019
Qlue raih penghargaan
Pendiri sekaligus CEO Qlue Rama Raditya.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Aplikasi Qlue meraih penghargaan di tingkat internasional, The 7th World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada tanggal 10-12 Februari 2019. 

Di ajang bergengsi tersebut, Qlue berhasil mendapatkan anugerah penghargaan Best Mobile Government Service untuk kategori Public Empowerment, menggeser 5 nominator pesaingnya termasuk 2 diantaranya adalah aplikasi Pakistan Citizen Portal dari negara Pakistan dan NYC 311 dari Amerika Serikat. 

Pemenang kategori ini diberikan kepada pengembang aplikasi inovasi kreatif berbasis telepon selular yang berhasil membantu pemerintah dalam mewujudkan perubahan positif di negara setempat atau bahkan di dunia.

Adapun Qlue dinilai sebagai aplikasi yang mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam membantu pemerintah untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya. 

Aplikasi Qlue Smart City merupakan platform berbasis media sosial yang digunakan warga Jakarta untuk menyalurkan pengaduan layanan publik. 

Warga dapat menyampaikan segala hal terkait pelayanan publik dengan disertai gambar dan lokasi berbasis geotag. Keberadaan aplikasi ini turut memberikan kontribusi pada akuntabilitas pemerintahan dengan menyelesaikan segala permasalahan yang diadukan. 

Sepanjang 2018, sebanyak 102.594 laporan disampaikan oleh warga DKI Jakarta melalui aplikasi Qlue dengan lebih dari 82% telah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Disamping itu pula tingkat kepercayaan masyarakat meningkat menjadi sekitar 47% dan 61,4%   permasalahan publik dapat terselesaikan. 

"Pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi kami untuk terus berinovasi dengan mengembangkan teknologi Smart City yang dapat membantu masyarakat sesuai dengan misi Qlue,” kata pendiri sekaligus CEO Qlue Rama Raditya dalam keterangan kemarin.

Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Setiaji Irono bangga Qlue sebagai karya anak bangsa mendapatkan pengakuan dunia dengan penghargaan Best Mobile Government Service. 

"Ini semua tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Kedepannya, kami ingin aplikasi Qlue Smart City dapat terintegrasi dengan aplikasi dari pemerintah pusat sehingga pengaduan karena masalah pemerintah pusat dapat terselesaikan,” ucap Setiaji.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year