telkomsel halo

Tcash berganti menjadi LinkAja mulai 21 Februari

11:37:46 | 02 Feb 2019
Tcash berganti menjadi LinkAja mulai 21 Februari
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsel mengumumkan perubahan nama dari layanan eMoney Tcash menjadi LinkAja mulai 21 Februari 2019.

Pengumuman ini disebar melalui pesan singkat ke semua pengguna Tcash dan juga di situs resmi dari Tcash.  

"Sehubungan dengan adanya rencana perubahan nama Tcash menjadi LinkAja dalam waktu dekat, perlu  kami sampaikan bahwa hingga saat ini Tcash Telkomsel terus berkoordinasi secara erat dengan para pihak Mitra lainnya baik hal yang berkaitan dengan layanan operasional maupun detail programnya. Selanjutnya release resmi akan disampaikan dalam waktu dekat bersama Himbara dan Kementerian BUMN," ungkap General Manager External Communication Telkomsel Denny Abidin kala dikonfirmasi (2/2).

Asal tahu saja, pada 21 Januari 2019 Telkomsel mendirikan entitas Finarya untuk menggarap sistem pembayaran berbasis QR Code.

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun menjelaskan Finarya dibentuk sebagai strategi menggarap sistem pembayaran berbasis QR Code BUMN. (Baca: LinkAja)

"Finarya ini dibentuk untuk nantinya menjalankan LinkAja, tahap pertama LinkAja yang membentuk adalah Telkomsel, nanti selanjutnya BUMN lain masuk menjadi pemilik Finarya," ungkapnya

LinkAja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang merupakan sinergi layanan keuangan elektronik dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan yang terlibat dalam LinkAja diantaranya TelkomGrup, BNI, BRI, Mandiri, BTN, dan Jiwasraya

Nantinya, semua layanan dan fitur yang tersedia pada layanan TCASH, akan dapat diakses dan dinikmati pada layanan LinkAja.    

Pelanggan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk dapat menggunakan layanan LinkAja. Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS) atau memberikan persetujuan melalui channel USSD TCASH (*800#).

Akun TCASH Pelanggan akan secara otomatis dikonversi menjadi akun LinkAja bersamaan dengan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja yang tersedia atau pemberian persetujuan oleh Pelanggan melalui channel USSD TCASH (*800#).

Saldo Pelanggan TCASH yang telah melakukan update ke LinkAja akan dikonversi secara otomatis menjadi saldo di akun LinkAja dengan nilai yang sama.

Semua fitur transaksi yang tersedia pada layanan TCASH, diantaranya pembayaran menggunakan TCASH TAP, QR code (SNAP QR) maupun USSD TCASH *800# untuk melakukan pembayaran; pembelian online melalui menu dalam layanan TCASH; transfer saldo antar akun dan ke bank lain melalui jaringan ATM bersama, akan tetap tersedia pada layanan LinkAja.

Pelanggan dapat melakukan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja mulai tanggal 21 Februari 2019 melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Layanan TCASH tidak dapat diakses lagi setelah layanan LinkAja diluncurkan pada tanggal 21 Februari 2019.

Apabila Pelanggan tidak melakukan update aplikasi ke LinkAja, pelanggan tidak dapat melakukan transaksi menggunakan saldo TCASH yang dimiliki sebelumnya jika Pelanggan tidak melakukan update ke LinkAja terlebih dahulu.

Jika Pelanggan tidak bersedia menjadi Pelanggan LinkAja, maka Pelanggan dapat menutup akunnya di GraPARI Telkomsel terdekat. Jika terdapat sisa saldo TCASH, maka Pelanggan dapat melakukan penarikan saldo di Grapari Telkomsel terdekat dengan membawa kartu identitas Pelanggan.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year