Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

Jakarta masuk Top 50 Smart City Government 2018

12:00:08 | 22 Jan 2019
Jakarta masuk Top 50 Smart City Government 2018
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil masuk dalam Top 50 Smart City Government 2018.

"DKI Jakarta menempati urutan ke-47 Smart City Government dari 140 kota di dunia," ungkap Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania seperti dikutip dari laman beritaJakarta.id belum lama ini.

Dijelaskannya,predikat tersebut diraih atas dasar sepuluh indikator penilaian. Namun, penilaian tertinggi pada indikator visi Pemprov DKI Jakarta, kepemimpinan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai kepala pemerintahan, serta alokasi pada APBD DKI Jakarta. 

Dikatakannya, raihan penghargaan tersebut akan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi karena masih banyak peluang inovasi yang dapat dikembangkan.

"Ke depan, Pemprov DKI Jakarta tengah mempersiapkan smart city 4.0 sebagai salah satu pilar menuju city 4.0 yang fokus pada pengembangan platform kolaborasi," terangnya.

Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Setiaji menambahkan, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki teknologi yang lebih maju untuk mengembangkan kota pintar.

Dari sisi teknologi, Jakarta lebih maju karena teknologi terbaru sudah cukup banyak masuk ke dalam pengembangan smart city.

"Pemprov DKI sudah mengimplementasikan big data, Internet Of Things (IoT). Ada sekitar 200.000 lebih sensor di Jakarta, menggunakan CCTV, dan sebagainya," kata Setiaji.

Pemprov DKI Jakarta, melalui UP Jakarta Smart City menerapkan konsep kota pintar di Jakarta dengan mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memahami serta mengetahui berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien.

Hal ini guna memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi penyelesaian masalah, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Telkom Marketing
"Kita ingin, masyarakat Jakarta maupun masyarakat luar Jakarta atau luar Indonesia dapat mengetahui lebih detail mengenai kota Jakarta," ucapnya.

Perlu diketahui, Eden Strategy Institute merupakan sebuah perusahaan konsultasi di Singapura. Tim Penilai dari Eden Strategy Institute telah meriset dan menyaring 140 kota berdasarkan komitmen kota tersebut untuk membangun smart city.

Angkasa Pura 2
Eden Strategy Institude memberi peringkat 50 Pemerintah Kota Pintar atau Smart City Government yang berkinerja terbaik atas sepuluh kriteria atau indikator.(wn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma