telkomsel halo

Gratika hadirkan KIPIN ATM bagi sekolah terkena dampak gempa di Sulteng

09:20:22 | 04 Dec 2018
Gratika hadirkan KIPIN ATM bagi sekolah terkena dampak gempa di Sulteng
Suasana pennyerahan KIPIN ATM dari Gratika.(ist)
JAKARTA (IndoTelko) - PT. Graha Informatika Nusantara (Gratika) menghadirkan perangkat Kios Pintar Assistant Teaching Machine (KIPIN ATM) untuk membantu sekolah-sekolah yang terkena dampak gempa di Sulawesi Tengah .

Pasca bencana gempa bumi disertai tsunami di Palu,  Donggala  dan Sigi menyisakan kerusakan infratruktur sekolah yang cukup serius dalam jumlah yang besar. 

Menurut data Kemendikbud tercatat sekitar 2.736 sekolah terkena dampak bencana dimana 900 lebih sekolah mengalami kerusakan sedang hingga berat ditambah lagi ribuan tenaga pendidik (Guru) yang menjadi korban. Kegiatan proses belajar mengajar hingga saat ini masih belum sepenuhnya normal sejak Disdikbud Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan dimulai kembali kegiatan sekolah pada tanggal 8 Oktober 2018.

KIPIN ATM merupakan perangkat booth PC seperti layaknya mesin ATM namun lebih ringkas dan ringan, memanfaatkan teknologi layar touchscreen dalam berinterkasi dan memiliki konten pendidikan untuk membantu proses belajar siswa dan mengajar guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang sesuai dengan kurikulum nasional. KIPIN ATM adalah hasil kreasi Gratika selaku perusahaan bergerak di bidang IT Solution.

Pada acara penyerahan bantuan tersebut, bertempat di Kantor Bupati  Sigibiromaru didampingi Pejabat Dinas Pendidikan serta GM Telkom, Direktur Utama Gratika, Mulyanta berupa KIPIN ATM rencananya akan di peruntukkan di SMA Negeri 1 dan SMP Negeri 1 di Kabupaten Sigibiromaru.

"Perangkat digital learning KIPIN ATM ini dapat menjadi solusi yang sangat tepat untuk percepatan penanganan pemulihan kegiatan belajar mengajar yang sempat terhenti karena bencana, karena konten KIPIN ATM memiliki beberapa keunggulan yaitu ribuan buku digital pelajaran sekolah sesuai kurikulum nasional, video belajar mengajar, latihan soal try out disertai komik pendidikan sebagai literasi yang menghibur juga menambah wawasan namun tetap berbasis pendidikan moral dan budi pekerti. Sehingga tanpa buku-buku pelajaran, tanpa papan tulis bahkan tanpa pedampingan guru pun siswa masih bisa dapat belajar dengan baik. Hal inilah menjadikan KIPIN ATM sebagai digital learning yang paling komprehensif," katanya dalam keterangan, kemarin. 

Disamping itu dengan adanya fitur Eduspot pada KIPIN ATM, siswa dapat mengunduh dan menyimpan semua konten digital ke perangkat smartphone masing-masing sehingga siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja.

Fitur Eduspot dapat dimanfaatkan untuk mendowload konten hingga ke 20 perangkat secara bersamaan dalam radius sekitar 15 meter tanpa perlu adanya koneksi internet.

"Program CSR Peduli Pendidikan tidak hanya untuk daerah terdampak bencana saja, namun juga menyasar Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang mana akses buku-buku pendidikan sebagai referensi ilmu pengetahuan sangat terbatas sekali di daerah ini,"pungkasnya.(ad)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year