telkomsel halo

ICANN lakukan pemeliharaan, PANDI pastikan domain .ID aman

08:38:00 | 13 Okt 2018
ICANN lakukan pemeliharaan, PANDI pastikan domain .ID aman
Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) memastikan domain .ID tak terpengaruh dengan adanya pemeliharaan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) yang melakukan pergantian Key Signing Key (KSK) pada root server-nya.

"Benar bahwa ICANN  mengganti KSK untuk root zone pada 11 oktober 2018 yang akan berdampak pada DNS Resolver yang dikelola oleh Penyedia Jasa Internet (PJI) atau Penyedia DNS Resolver. Tetapi Hal ini tidak berdampak kepada PANDI sebagai pengelola DNS Authoritative dari domain .ID," tegas Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah dalam keterangan resmi (13/10).

Disarankannya, bagi PJI atau provider yang menjalankan DNS resolver harus memastikan bahwa keys root di server DNS Resolver mereka update dan sudah menggunakan software DNS versi terbaru untuk menjamin update key-nya berjalan dengan baik

Sedangkan bagi pengguna internet tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan apa-apa. Jika terjadi anomali agar menghubungi PJI atau provider yang mengelola dns resolver-nya untuk memastikan DNS resolver berjalan dengan baik.

Bagi yang ingin melakukan pengecekan status KSK rollover, ICANN membuat halaman di https://www.icann.org/ksk-rollover-status.

Sebelumnya, situs Metro.co.uk pada (11/10) memberitakan adanya kemungkinan gangguan koneksi terhadap website secara global karena ICANN melakukan pergantian key signing key (KSK) pada root server-nya.  

Kabarnya dalam proses pemeliharaan ini dalam waktu satu atau dua hari berpotensi terdampak ke DNS resolver milik PJI yang berfungsi mencari alamat IP dari nama domain yang dituju.

Plt. Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengimbau para PJI di Indonesia yang belum menggunakan DNS Resolver terkini agar tetap waspada, guna mencegah pergantian root server ICANN tidak berpotensi merugikan para pelanggan.

"Kominfo mengimbau PJI yang menjalankan DNS resolver harus memastikan bahwa keys root di server DNS Resolver update. PJI juga diimbau agar menggunakan versi terbaru dari software DNS-nya untuk menjamin update key-nya berjalan dengan baik. Pengguna internet Indonesia tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan apa-apa untuk koneksi internetnya," katanya.

ICANN sendiri merupakan organisasi yang bertanggung jawab untuk mengarahkan alamat internet dalam bentuk angka ke website dan komputer, kemudian menerjemahkan angka-angka tersebut menjadi huruf yang mudah dimengerti para pengguna komputer.

Misalnya, alamat IP yang biasanya ditulis dalam bentuk angka 64.27.202.155 akan mengarah ke suatu website www.abcdfghijk.com yang lebih mudah dibaca dan diingat oleh para pengguna komputer.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year