telkomsel halo

Forum Prakarsa Indonesia Cerdas kumpulkan pakar smart city di Semarang

08:43:43 | 01 Aug 2018
Forum Prakarsa Indonesia Cerdas kumpulkan pakar smart city di Semarang
Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) Suhono Harso Supangkat,(baju biru) bersalaman dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, SE.MM.(ist)
JAKARTA (IndoTelko)  - Kota Semarang akan menjadi tuan rumah perhelatan Forum Prakarsa Indonesia Cerdas ke-4 pada tanggal 10-12 Oktober 2018 mendatang.

Forum ini diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2015 dan dilanjutkan bersama Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC). Forum ke-2 dilaksanakan di Surabaya dengan tuan rumah Pemerintah Kota Surabaya dan ke-3 bersama Apeksi di Tangerang BSD. Selain acara forum nasional juga diadakan Konferensi Internasional "ICT for Smart Society" yang ke-5. Tema utama acara ini adalah Innovation For Smart City and Society 5.0.

"Selain membahas terkait smart city juga dibahas Smart Provinsi dan Smart Village sebagai komponen utama Smart Indonesia," ungkap Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) Suhono Harso Supangkat, dalam keterangannya, Selasa  (31/8).

Dijelaskannya, dalam ajang ini panitia mengundang para Walikota, Gubernur, Bupati, pelaku industri, Akademisi hingga komunitas penggerak smart City, provinsi dan terkait.

Sebagai pembicara yang akan diundang diantaranya seperti Mendagri, Menteri/Ka Bappenas, Menteri Perindustrian, dan para  Gubernur.

Beberapa pelaku industri dan akademisi juga diundang jadi pembicara, diantaranya dari Telkom, Indosat, KAI hingga Rektor UNDIP. Sedangkan pembicara dari luar diantaranya Prof. Antony Burke University Technology Sydney dan KC Tay, Smart Cities Network Singapore.

Selain acara konferensi ada acara ideaton dan "co creation"  oleh C gen atau millenia Generation. "Kompetisi ini untuk mencari solusi persoalan kota secara gotong royong dengan prinsip kolaborasi," katanya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, SE.MM. mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas yang telah menunjuk Kota Semarang sebagai tuan rumah Forum Prakarsa Indonesia Cerdas Ke-4.

"Harapannya kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam pengembangan Indonesia menjadi lebih baik dan lebih hebat, termasuk Kota Semarang. Terlebih tema kegiatan kali ini yaitu “Inovasi Menuju Kota Cerdas dan Masyarakat (Society) 5.0” sesuai dengan konsep pembangunan Kota Semarang yang mengusung semangat Bergerak Bersama," katanya.(tp)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year