telkomsel halo

Awas, Pelanggan XL diincar dengan penipuan kode verifikasi

10:31:31 | 31 May 2017
Awas, Pelanggan XL diincar dengan penipuan kode verifikasi
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) –  Pelanggan XL tengah resah dengan mulai maraknya modus penipuan baru.

Modus penipuan ini adalah si penipu mengaku salah mengirimkan kode verifikasi dan menanyakan kode tersebut ke targetnya. Biasanya si penipu akan menanyakan kode verifikasi yang dikirimkan short code 99733.  

Biasanya kode verifikasi ini dibutuhkan untuk belanja game online atau barang lainnya. Si penipu memang memasukkan secara acak nomor untuk pengiriman kode verifikasi, setelah itu menanyakan kode tersebut ke nomor korban.  

Jika korban memberikan nomor verifikasi itu, maka pulsanya yang terpotong untuk belanja game online itu   

GM Corporate Communication XL Tri Wahyuningsih mengakui modus terbaru ini dan sudah menerima laporan dari beberapa korban.

“Kami menghimbau agar pelanggan waspada terhadap modus aksi penipuan yang terjadi,” katanya di Jakarta, Rabu (31/5).

Disarankannya, jika pelanggan menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut

“Jika anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun,” katanya.

Ditambahkannya, jika pelanggan merasa ragu-ragu atas SMS mencurigakan dan atau permintaan seseorang untuk mengirinkan kode verifikasi/kode rahasia tersebut, dimohon untuk langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut melalui akun twitter @myXLCare atau tlp 817 dari nomor XL.

“Bagi anda yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut karena penipuan merupakan tindak pidana criminal,” pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year