telkomsel halo

BRI bawa UKM Go Digital melalui RKB

09:09:01 | 30 Jan 2017
BRI bawa UKM Go Digital melalui RKB
Menteri BUMN Rini Soemarno (duduk) tengah berbincang dengan pelaku UMKM ditemani manajemen BRI di Gianyar (Foto:BRI)
GIANYAR (IndoTelko)  – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terus memperkuat dukungannya dalam mendorong dan memajukan sektor usaha Mikro, Kecil, dan Menengah  (UMKM) di Indonesia dengan menghadirkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Kabupaten Gianyar, Bali.

“Bank BRI berkomitmen untuk terus mendukung semua program pemerintah, salah satunya Rumah Kreatif  BUMN sebagai implementasi nyata hadirnya BUMN Untuk Negeri. Melalui RKB, Bank BRI berharap mampu membangun embrio UMKM digital di berbagai daerah di nusantara,” tutur Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso dalam rilisnya, kemarin.

RKB yang dibangun oleh Bank BRI di Kabupaten Gianyar, Bali telah memiliki anggota 168 pelaku UMKM  di wilayah Gianyar, Sukawati, Ubud, dan sekitarnya. Dengan Fasilitas yang lengkap dan telah memenuhi standar layanan dan pelatihan bagi pengusaha UMKM, Bank BRI mendorong para pelaku untuk terus mengembangkan berbagai produk-produk unggulan yang sesuai dengan ciri khas dan keunikan wilayah Bali.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri BUMN dan Direktur Utama Bank BRI melihat secara langsung para pelaku UMKM mendaftarkan produk usahanya serta melakukan pendaftaran online usaha UMKM mereka agar dapat menjual produknya secara online.

RKB BRI dapat di jadikan salah satu fasilitas bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan, memperkenalkan, dan memasarkan berbagai produk-produk UMKM, khususnya berbagai produk UMKM yang sesuai dengan karakteristik daerah tersebut.

“Dengan berbagai fasilitas yang lengkap, RKB BRI Gianyar diyakini mampu memberikan sumbangsih dalam pengembangan usaha dan menaikkan kelas pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Bali. Dengan adanya RKB ini, pengusaha UMKM  dipersiapkan untuk memasuki era digital, sehingga mampu go digital,” ungkap Hari Siaga.

Terdapat 4 Ruang utama yang disediakan oleh Bank BRI untuk pendampingan para pelaku UMKM, yakni Ruang Registrasi, Ruang Konsultasi, Ruang Pelatihan, dan Ruang Display. Ruang Registrasi dapat dimanfaatkan untuk melakukan profiling  pelaku dan produk UMKM dengan mengelompokan produk dan pelaku dalam kategori yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, disediakan juga fasilitas untuk mengakses situs Blanja.com, yang difungsikan sebagai daring produk-produk UMKM. Para penjual produk dapat mengakses domain tersebut tanpa tebatas ruang dan waktu sehingga dapat terus melakukan update terkait jumlah dan kualitas produk dan layanan penjual.

Ruang konsultasi dan pelatihan, dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mengklasifikasi kompetensi produk dan layanan yang didasarkan pada bahan baku, daerah pemasaran, cara pembuatan, pengemasan, pembukuan keuangan, hingga permodalan . Pendampingan akan dilakukan oleh para ahli yang berkompeten untuk memperkuat para pelaku dan produknya sehingga mampu bersaing di pasar global.

Hingga akhir tahun 2016, Bank BRI telah memiliki 17 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya di Jakarta, Yogyakarta, Gianyar, Mataram, Manado, Makassar, Bukittinggi, Serang, Tasikmalaya, Pekalongan, Sidoarjo, Banjar, Banda Aceh, Jayapura, Kendari, Bandung, dan Solo.

Secara terpisah, CEO Blanja.com Aulia E Marinto mengharapkan kehadiran RKB dapat segera mengakselerasi pertumbuhan UKM yang siap untuk berbisnis online, khususnya di Bali yang merupakan salah satu sentra UKM dengan produk-produk lokal berkualitas. “Blanja.com siap untuk berikan pelatihan dan membawa UKM ke pasar global,” tutupnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year