telkomsel halo

Telkom kebut pendirian prinsipal switching ATM

09:45:37 | 07 Nov 2016
Telkom kebut pendirian prinsipal switching ATM
Indra Utoyo (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah menggeber pendirian PT Jalin Pembayaran Nusantara sebagai entitas perusahaan prinsipal switching bagi ATM yang dikelola Himpunan Bank Negara (Himbara).

“Nama perusahaannya PT jalin Pembayaran Nusantara. Ini kita sedang urus perizinan pembentukan perusahaan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham),” ungkap Direktur Digital & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo, dalam pesan singkat ke IndoTelko, pekan lalu.

Diungkapkannya, Telkom juga tengah mengajukan izin ke Bank Indonesia (BI) agar  pembentukan perusahaan prinsipal selesai semuanya. “Kita perlu izin prinsipal, clearing, dan settlement. Kita fokus dapatkan izinnya dulu dari Bank Indonesia. Awalnya masih 100% Telkom dulu nanti pada saatnya holding masuk sebagai pemegang saham mayoritas," ujarnya.

Ditambahkannya, jika masalah administrasi telah diselesaikan kan digarap sisi teknis seperti, lokasi ATM, perubahan aplikasi fitur bank. "Nanti mereknya Link,"ujarnya. (Baca: Telkom dan ATM Himbara)

Diharapkannya, proses switching transaksi ini akan mulai berjalan pada 2017. Untuk saat ini, baru dilakukan persiapan bagi 10.000 ATM diakhir tahun ini. “Harapannya akhir tahun ini PT  Jalin Pembayaran Nusantara bisa diluncurkan," tutupnya.

Sebelumnya, Telkom dan Himbara sepakat merintis hadirnya National Payment Gateway (NPG). Langkah awal dimulai dengan dibentuknya perusahaan prinsipal yang akan memfasilitasi proses switching transaksi di antara bank-bank Himbara. (Baca: Kerjasama Telkom-Himbara)

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi perbankan dan kedaulatan sistem pembayaran di Indonesia. Pembentukan ekosistem National Payment Gateway sendiri merupakan salah satu inisiatif strategis yang menyokong visi pemerintah.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year