telkomsel halo

Menkominfo setuju perhitungan TKDN 4G disederhanakan

13:32:11 | 17 Jun 2016
Menkominfo setuju perhitungan TKDN 4G disederhanakan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku tak keberatan dengan jalan tengah dari perhitungan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang disederhanakan menjadi dua skema yakni 100% software atau 100% hardware.

"Tak masalah, yang penting masih ada opsi jalur software. Saya masih yakin kalau kita buka opsi investasi software itu menjadikan bangsa ini kompetitif ke depan. Tak hanya menjadi bangsa blue collar," katanya, kemarin malam.  

Menurutnya, jika hanya mengandalkan investasi untuk sisi manufaktur, Indonesia akan dipaksa melayani fire sale dengan negara tetangga dalam hal upah buruh dan aset fisik lainnya. “Itu pasti akan terus-terusan seperti itu. harga diadu terus. Padahal, kekuatan Indonesia itu ada di sumber daya manusia (SDM), karena jumlah orangnya banyak. Artinya Indonesia bukan hanya merupakan pasar, tetapi otak masyarakat Indonesia ini mempunyai nilai tambah jangka panjang," ujarnya.

Dikatakannya, sebagai regulator di sektor telekomunikasi sudah mengeluarkan tentang aturan TKDN bagi smartphone 4G yang harus dipenuhi. “Saya mah nunggu aturan dari  Kemenperin soal cara menghitungnya. Kan kemarin ribut-ribut di cara ngitung itu,” tutupnya.

Sebelumnya, TKDN untuk semartphone 4G  menawarkan lima skema komposisi perhitungan . Pertama berupa 100% TKDN perangkat keras (hardware) dan nol persen perangkat lunak (software). Kedua, 75% untuk hardware dan 25% untuk software. Ketiga, 50% untuk hardware dan 50% untuk software. Keempat, 25% untuk hardware dan 75%software. Terakhir, adalah nol persen hardware dan 100% software. (Baca juga: Perubahan perhitungan TKDN)

Namun, akhirnya hanya ada dua pilihan yakni jalur hardware atau software. Bagi smartphone dengan harga dibawah US$ 600 harus memilih jalur hardware untuk pemenuhan TKDN nantinya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year