Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Arianespace kembali tunda peluncuran BRIsat

14:29:20 | 16 Jun 2016
Arianespace kembali tunda peluncuran BRIsat
Ilustrasi (dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Arianespace kembali melakukan penundaan peluncuran satelit BRIsat.

Dalam pengumuman terbaru di situs resminya, Arianespace menyatakan satelit milik  Bank Rakyat Indonesia ( BRI) akan diluncurkan menjadi 17 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana Prancis atau 18 Juni 2016 waktu Indonesia. Penundaan ini terjadi karena adanya gangguan koneksi umbilical dengan bagian atas peluncur.

Arianespace tengah melakukan perbaikan yang membutuhkan waktu sehari atau 24 jam untuk memastikan agar seluruh fungsi berjalan baik.

Sebelumnya, Arianespace menunda peluncuran BRIsat dalam misi VA 230 yang dijadwalkan pada 8 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana, Prancis, Amerika Selatan, atau 9 Juni dini hari waktu Indonesia. Penundaan peluncuran satelit BRI ini terjadi karena terdapat anomali pada satu fluid connector roket peluncur.

Kemudian, BRIsat dijadwalkan kembali meluncur selang delapan hari dari jadwal semula, menjadi 16 Juni 2016, waktu Guyana, Prancis, Amerika Selatan, atau 17 Juni 2016, pukul 03.30 waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Banyak pihak menduga Arianespace tak mau ambil resiko dengan ada kerusakan karena menyangkut reputasi dari perusahaan ini di bisnis satelit yang jarang gagal dalam peluncuran.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan